KPU Pantau Kondisi TPS di Daerah yang Terkena Bencana

Selasa, 14 Februari 2017 - 15:28 WIB
KPU Pantau Kondisi TPS...
KPU Pantau Kondisi TPS di Daerah yang Terkena Bencana
A A A
JAKARTA - Sejumlah daerah penyelenggara pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2017 saat ini tengah dilanda bencana baik banjir maupun longsor. Menyikapi hal tersebut Komisi Pemilihan Umum (KPU) meminta jajarannya di bawah untuk memastikan kelanjutan proses pilkada nanti, termasuk kemungkinan memindahkan lokasi tempat pemungutan suara ke tempat yang lebih aman.

“Sedang kordinasi dengan beberapa pihak di sana apakah dibutuhkan relokasi TPS ataukah memang tetap di TPS tersebut,” ujar Komisioner KPU Ferry Kurnia Rizkiyansyah di Kantor KPU, Jakarta, Selasa (14/2/2017).

Menurut Ferry, peluang untuk memindahkan TPS diserahkan kepada masing-masing KPU daerah. Dengan mempertimbangkan sejumlah hal seperti memudahkan warga untuk melakukan proses pemilihan, serta jangan sampai menghalangi partisipasi warga atau pemilih dalam melakukan aktivitas pemilihan. “Itu saja yang dilakukan,” ucapnya.

Seperti diketahui, beberapa daerah penyelenggara pilkada yang saat ini tengah dilanda bencana seperti dua kabupaten di Banten, yakni Pandeglang dan Lebak. Daerah lain juga tengah dilanda banjir adalah Pati (Jawa Tengah).

Ferry menambahkan, KPU setempat diminta untuk menginformasikan kondisinya hingga sore ini. “Bagaimana solusi akhirnya, kalau misalnya banjir sekarang sudah surut jadi bisa didirikan TPS di wilayah tersebut atau tidak,” kata Ferry.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0845 seconds (0.1#10.140)