Cara Ciptakan Kenyamanan di Meja Komputer

Kamis, 26 Januari 2017 - 11:25 WIB
Cara Ciptakan Kenyamanan...
Cara Ciptakan Kenyamanan di Meja Komputer
A A A
JAKARTA - Rutinitas kerja yang mengharuskan Anda duduk berjam-jam di depan meja komputer, tentunya dibutuhkan tempat yang nyaman.

Karena, hampir semua orang saat ini menggunakan komputer untuk beraktivitas setiap hari, termasuk Anda. Dengan adanya perkembangan teknologi dan penggunaan komputer yang semakin marak, kebutuhan akan meja khusus untuk komputer mengalami peningkatan.

Interior Designer Consultant, Budiyanto mengatakan, meja komputer yang baik tidak dibuat secara sembarangan, namun melalui proses penghitungan yang teliti dan akurat.

"Meja komputer yang tidak memperhitungkan kondisi fisik pemakainya (tidak ergonomis), akan menimbulkan masalah pada kesehatan Anda, seperti cedera pada leher, nyeri pada pinggang dan punggung, serta kemampuan penglihatan yang menurun," kata Budiyanto, Kamis (26/1/2017).

Menurut Budiyanto, untuk mencegah terjadinya cedera fisik tersebut, Anda harus memilih meja komputer yang tepat. Meja komputer yang berkualitas memiliki sifat ergonomis.

"Furnitur yang ergonomis, mampu menyesuaikan dengan kondisi dan bentuk fisik pemakainya. Sehingga mencegah terjadinya cedera saat furnitur tersebut digunakan untuk beraktivitas dalam waktu lama," ucap Budi.

Dia menjelaskan, beberapa ciri meja komputer ergonomis yang harus Anda ketahui sebelum memutuskan untuk membeli meja komputer yang tepat.

Pertama memiliki jarak yang tepat antara posisi komputer diletakkan dan mata Anda.
Meja komputer yang ergonomis memiliki jarak yang pas antara posisi komputer dan mata Anda.

"Jarak yang pas tersebut adalah sejauh 20-40 inci atau kira-kira sepanjang lengan dari siku hingga telapak tangan. Jarak yang terlalu dekat akan menurunkan fungsi penglihatan," ungkapnya.

Kedua memiliki tinggi meja yang pas. Tinggi meja komputer yang pas sebenarnya berkaitan dengan tinggi kursi yang digunakan. Meja komputer dengan tinggi yang tepat untuk Anda, dapat diketahui saat Anda mencoba duduk di atas kursi.

"Telapak kaki Anda juga harus menyentuh lantai saat duduk, karena tungkai kaki yang berada dalam posisi menggantung akan mengakibatkan kelelahan pada kaki Anda," kata Budi.

Ketiga, ada ruang yang cukup untuk duduk dengan nyaman. Menurut Budi, meja komputer yang bagus memiliki ruang yang cukup untuk kedua kaki Anda dalam posisi duduk dengan rileks.

"Posisi duduk yang nyaman akan mengurangi risiko cedera dan membuat Anda dapat bekerja dengan lebih rileks," ujarnya.

Keempat, memiliki tempat yang sejajar untuk meletakkan keyboard dan mouse. Untuk mengurangi risiko kelelahan dan cedera pada siku, posisi siku Anda harus 90° di atas meja.

Kelima, meja komputer dengan warna matte. Ciri terakhir untuk meja komputer yang ergonomis adalah meja tersebut memiliki warna cat yang matte atau tidak berkilau. Warna cat yang glossy akan menyilaukan sehingga menambah tingkat stres pada mata Anda.

Meja komputer yang ergonomis dapat meningkatkan kenyamanan Anda dalam bekerja. Selain itu, sifat produk yang ergonomis juga akan mengurangi risiko terjadinya cedera akibat posisi tubuh yang dipaksa untuk menyesuaikan dengan posisi meja komputer yang tidak tepat.

Bila Anda memerlukan kursi kantor , furnitur lain untuk melengkapi ruang kerja Anda, silakan mengunjungi www.dekoruma.com untuk berbagai pilihan furnitur minimalis dengan harga murah.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8408 seconds (0.1#10.140)