Jimly Asshiddqie Ingatkan Jokowi tentang Aksi Damai 212

Senin, 23 Januari 2017 - 15:48 WIB
Jimly Asshiddqie Ingatkan...
Jimly Asshiddqie Ingatkan Jokowi tentang Aksi Damai 212
A A A
JAKARTA - Ketua Umum Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Jimly Asshiddqie mengatakan, kehadirannya bersama sejumlah pengurus ICMI lainnya menghadap Presiden Joko Widodo (Jokowi), untuk menyampaikan laporan hasil Silatnas dan rencana kegiatan ICMI ke depan.

Namun menurut Jilmy, dalam kesempatan bertemu Jokowi, pihaknya juga membahas masalah kondisi bangsa yang terjadi saat ini, khususnya menyangkut ‎Kebhinekaan.

Jimly mengaku, Jokowi sangat antusias mencermati masukan yang disampaikan kalangan cendekiawan. Dia memandang bahwa Kebhinekaan ‎merupakan ciri khas bangsa Indonesia. Namun masalah kebhinekaan juga tidak memungkiri adanya perbedaan.

‎"Yang penting suasana sekarang ini kita kelola dengan tepat, apalagi suasananya ini menjelang pilkada, mudah-mudahan sesudah pilkada selesai," tutur Jimly saat jumpa pers di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (23/1/2017).

Jimly menyarankan kepada pemerintah, agar tidak melakukan penekanan terhadap masing-masing kelompok. Upaya ini dilakukan agar tidak mempengaruhi proses kerukunan antarumat beragama.

Menurut Jumly, Jokowi sangat merespons kondisi terkini dengan mengaitkan masalah kesenjangan sosial yang terjadi di masyarakat.

"(Masalah kesenjangan sosial) ini menjadi warna yang menyentakkan dan bagi presiden, kita bersyukur ada peristiwa 212 dan sebelumnya juga itu mengingatkan semua pihak ada masalah kesenjangan sosial," ucapnya.

Jimly mengakui, ada kesungguhan yang serius dari pemerintah untuk mengatasi masalah kesenjangan itu. Karenanya, ICMI akan mendukung upaya pemerintah dalam menangani masalah tersebut.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0690 seconds (0.1#10.140)