Tingkatkan Kepercayaan Publik, Kapolri Maksimalkan Peran Polwan Cantik

Kamis, 01 September 2016 - 12:21 WIB
Tingkatkan Kepercayaan Publik, Kapolri Maksimalkan Peran Polwan Cantik
Tingkatkan Kepercayaan Publik, Kapolri Maksimalkan Peran Polwan Cantik
A A A
JAKARTA - Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian menuturkan akan menggunakan polisi wanita (Polwan) untuk meningkatkan kepecayaan masyarakat pada Polri.

"Banyak yang bisa dilakukan Polwan karena banyak kelebihan," tutur Tito di Mabes Polri, Jakarta, Kamis (1/9/2016).

Menurut Tito, Polwan cantik tidak mudah tergiur dengan tindak pidana korupsi seperti polisi laki-laki (Polki). "Polwan relatif malu-malu kucing tapi mudahan enggak," tuturnya.

Selain itu pendekatan yang digunakan Polwan terhadap masyarakat dalam menegakkan hukum juga berdasarkan psikologis dan menggunakan empati. "Banyak kasus teroris lalu ketika didekati Polwan jadi lebih terbuka," tuturnya.

Tito menambahkan, adapun hal yang bisa dilakukan Polwan cantik dalam mengatasi masalah perempuan dan anak maka dari itu Polri membentuk unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) yang ada di Polda, Polres dan Polsek.

"Dua polwan di tiap Polsek ditaruh untuk tangani kasus perempuan dan anak. Saya harap bisa jadi motor perbaiki citra Polri. Di mata publik citra polwan lebih baik daripada polisinya. Saya minta Polwan lebih diberdayakan dan diberi kesempatan supaya mereka lebih eksis di masyarakat," tambahnya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7066 seconds (0.1#10.140)