Fit@Fifty Merayakan Kemerdekaan di Ketinggian Gunung Elbruss, Rusia

Rabu, 17 Agustus 2016 - 21:21 WIB
Fit@Fifty Merayakan...
Fit@Fifty Merayakan Kemerdekaan di Ketinggian Gunung Elbruss, Rusia
A A A
MINERALNYE VODY - Kelompok Pendaki Gunung Fit@Fifty merayakan kemerdekaan dengan melakukan upacara bendera di ketinggian 3.800 meter di atas permukaan laut di Gunung Elbruss, Rusia, Rabu (17/8/2016) pagi waktu setempat. Upacara berlangsung khidmat dengan inspektur upacara Agus Radjani Panjaitan dan bertindak sebagai komandan upacara Gabriel Tri Swastono.

Seluruh anggota rombongan yang terdiri dari 11 orang hadir dalam upacara. Upacara dilakukan pada pukul 06.00 pagi hari waktu setempat, yang persis sama dengan pukul 10.00 WIB. “Kami semua merasa semakin cinta Tanah Air, efek luar biasa dari upacara penuh perjuangan ini,” ujar Agus Radjani kepada Sindonews.

Perjalanan menuju puncak Elbruss belum selesai meski mereka sudah mulai mendaki sejak 13 Agustus. “Target semula, upacara akan digelar di puncak Elbruss di ketinggian5.642m,” tuturnya.

Akan tetapi cuaca yang cepat berubah buruk membuat mereka mengubah rencana. Sejak aklimatisasi dilakukan, mereka terus naik dan turun. Aklimatisasi tertinggi dicapai hingga ketinggian 4.100 m. Dalam masa ini, mereka juga melakukan latihan mengamankan diri bila terjatuh ke jurang yang terdapat di jalur pendakian. Target berikut adalah menuju ketinggian puncak atau pada 19 Agustus.

Gunung Elbrus di Rusia tercatat sebagai salah satu gunung tertinggi di dunia dan tertinggi di Benua Eropa. Gunung Elbrus berketinggian 5.642 meter di atas permukaan laut (mdpl). Sebagai perbandingan, gunung tertinggi lainnya adalah Huascaran di Peru 6.768 mdpl dan Gunung Stok Kangri di India berketinggian 6.153 mdpl.

Fit@Fifty adalah sekelompok pendaki gunung gabungan yang mayoritas terdiri dari anggota Mahasiswa Pencinta Alam (Mapala) Universitas Indonesia dan juga alumni Batalyon III Resimen Mahasiswa Mahawarman, Universitas Katolik Parahyangan, Bandung.

Kelompok ini sengaja mendaki dengan misi mengibarkan merah putih pada hari kemerdekaan ke-71 Republik Indonesia di puncak Gunung Elbruss. Saat ini mereka semua berada dalam kondisi fisik dan psikis yang prima, dan siap melanjutkan pendakian untuk mencapai puncak. “Doakan misi ini berlangsung lancar, dan kami akan membentangkan merah putih di puncak Gunung Elbruss,” ujar Agung Sutiastoro, anggota tim yang mendokumentasikan pendakian ini.

Saat ini, selain Fit@Fifty, terdapat juga kelompok lain yang juga tengah mendaki gunung-gunung tertinggi dunia. Tercatat Mahasiswa Pencinta Alam Universitas Gadjah Mada (Mapagama UGM), dan Unit Pandu Lingkungan Mahasiswa Pencinta Alam Universitas Jenderal Soedirman (UPL Unsoed). Mapagama UGM akan mengibarkan bendera merah putih di Gunung Stok Kangri (India), sertaUPL MPA Unsoed di Gunung Huascaran (Peru).
(poe)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1219 seconds (0.1#10.140)