Jokowi: Waspadai 217 Titik Api!

Jum'at, 12 Agustus 2016 - 15:43 WIB
Jokowi: Waspadai 217 Titik Api!
Jokowi: Waspadai 217 Titik Api!
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Satuan Tugas Penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan mewaspadai sejumlah titik api di Riau, Sumatera Utara, dan Sumatera Selatan.

Hal itu diungkapkan Jokowi ketika membuka rapat terbatas penanganan kebakaran hutan bersama sejumlah menteri dan pimpinan lembaga terkait di Kantor Presiden, Jumat (12/8/2016).

Menurut Jokowi, titik api atau hotspot dikhawatirkan meluas jika tidak segera ditangani. ‎"Tapi saya ingin juga agar kita semua memberi perhatian bahwa masih ada 217 titik api (hotspot) yang harus diwaspadai di seluruh Indonesia‎," ucap Jokowi.

Dari laporan yang diterima Jokowi, jumlah titik api sudah menurun hingga 74% jika dibandingkan tahun lalu. Kendati demikian, dia berharap penanganan dan pencegahan kebakaran hutan dilakukan secara efektif dan terpadu. "Jangan sampai api yang sudah ada dibiarkan tambah, tetapi kalau diselesaikan lebih awal, akan lebih bagus," ujarnya.

Dari 217 titik api yang tersebar di tiga wilayah tersebut, Jokowi mengatakan penanganannya masih sekitar 20%.

Mantan Wali Kota Solo itu meminta agar titik api segera dipadamkan karena Agustus sampai September adalah periode kritis.

"Saya minta agar baik di BNPB, di Kementerian Kehutanan, juga Kapolri dan Panglima TNI, saya kira kita sudah bertemu, saya kira tahun yang lalu dan juga tahun ini agar penyelesaian ini dilakukan sedini mungkin, sebelum bergerak api itu ke mana-mana," ungkap Jokowi.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7447 seconds (0.1#10.140)