Partai Harus Perbaiki Proses Seleksi Kader

Kamis, 21 Juli 2016 - 20:24 WIB
Partai Harus Perbaiki...
Partai Harus Perbaiki Proses Seleksi Kader
A A A
JAKARTA - Proses seleksi kader terbaik internal partai harus diperbaiki. Upaya ini perlu dilakukan agar kader partai yang diusung dalam perebutan kursi di DPR maupun bupati dan gubernur adalah pilihan terbaik.

Direktur Eksekutif Voxpol Center Pangi Syarwi mengatakan, sejauh ini partai politik banyak mengirim kadernya yang memiliki catatan negatif ke Senayan, bupati maupun gubernur. Berbeda di era Soeharto, kata dia, di mana orang-orang yang bermasalah terutama terlibat asusila, kriminal tidak dapat duduk di legislatif dan eksekutif.

"Sistem mau tidak mau parpol harus berani melakukan reformasi, terutama di internalnya untuk membenahi sistem itu sendiri. Masih ingat betul ketika di zaman Pak Soeharto, orang seperti itu tidak bisa langsung di rekrut," ujar Pangi, Jakarta, Kamis (21/7/2016).

Menurutnya, perbaikan proses seleksi di internal partai politik untuk menghasilkan pejabat anggota legislatif, bupati, wali kota dan gubernur yang beretika, santun dan bersih dalam berpolitik. (Baca: Pemilu 2019, Parpol Besar Bisa Mendadak Jadi Kecil)

"Intinya jangan sampai cacat moral, dengan seenaknya mengirim kader yang kurang baik." ucapnya.
(kur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7160 seconds (0.1#10.140)