Cara Mabes Polri Identifikasi Jenazah Santoso

Selasa, 19 Juli 2016 - 19:27 WIB
Cara Mabes Polri Identifikasi Jenazah Santoso
Cara Mabes Polri Identifikasi Jenazah Santoso
A A A
JAKARTA - Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Boy Rafli Amar mengatakan, hasil identifikasi jenazah yang tertembak satgas Operasi Tinombala Senin kemarin adalah pemimpin kelompok bersenjata, Santoso.

"Khusus kepada jenazah yang terduga Santoso telah dilakukan langkah-langkah identifikasi memang mengarah pada Santoso," kata Boy Rafli di Humas Mabes Polri, Jakarta, Selasa (19/7/2016).

Hal tersebut disampaikan Boy berdasarkan lima langkah yang sudah dilakukan tim identifikasi jenazah Santoso di antaranya pengenalan wajah, tahi lalat di dahu sebesar 0,7 cm, bekas luka tembak di paha sebelah kanan, satu buah tahi lalat dibawah bibir sebelah kanan dan dari sidik jari.

"Dari lima yang disampaikan ciri itu milik Santoso dan itu juga sudah kita konfirmasi dari orang yang kenal dengan dia (Santoso)," ucap Boy Rafli.

Boy menjelaskan, untuk menentukan jenazah tersebut Santoso atau bukan, bukanlah perkara yang sulit karena Santoso mengalami luka tembak ditubuh bukan wajah sehingga untuk mengenalinya sangat mudah.

"Dari wajah kita lihat bagus utuh, sehingga cepat dikenali para rekan sebelumnya yang menyerahkan diri atau tertangkap," jelas Boy.

Sedangkan langkah keenam yaitu harus menggunakan hasil DNA, namun pelaksanaan tersebut belum dilakukan karena masih menunggu sampel dari salah satu anak Santoso. "Memang DNA sampel dari anaknya, ini dalam upaya. Sedangkan uji laboratoris butuh tiga hari," katanya.

Sementara satu korban meninggal yang bersamaan dengan Santoso adalah Mukhtar. Mukhtar diketahui sudah masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO). "Ada sekitar 12 yang masih hidup dan ada nama Mukhtar," katanya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5534 seconds (0.1#10.140)