Belasan Pemudik Tewas Kelelahan, Pejabat Terkait Diminta Mundur

Kamis, 07 Juli 2016 - 16:43 WIB
Belasan Pemudik Tewas Kelelahan, Pejabat Terkait Diminta Mundur
Belasan Pemudik Tewas Kelelahan, Pejabat Terkait Diminta Mundur
A A A
JAKARTA - Pemerintah diminta bertanggung jawab atas ‎meninggalnya belasan orang karena kelelahan saat perjalanan mudik di Brebes, Jawa Tengah‎. Bahkan, sejumlah pejabat yang terkait kemacetan itu diminta mengundurkan diri, sebagaimana pernah dilakukan oleh Djoko Sasono dari jabatan Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Darat (Hubdar) pada Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid (HNW‎) berpendapat, apa yang pernah dilakukan Djoko Sasono pada Desember 2015 perlu dicontoh oleh sejumlah pejabat terkait kemacetan parah di Brebes. (Baca: Belasan Pemudik Tewas Kelelahan, Bukti Buruknya Manajemen Mudik Pemerintah)

"Sebelumnya sudah pernah kejadian ya Dirjen Hubdar mengundurkan diri karena merasa gagal, saya kira itu tradisi yang layak dipertimbangkan apalagi ada yang meninggal sampai 12 orang," ujar HNW‎ di Kediamannya, Jalan Kemang Selatan Raya, Jakarta Selatan, Kamis (7/7/2016).

Terlebih, lanjut dia, ‎meninggalnya belasan pemudik saat macet parah di Brebes itu merupakan kejadian pertama di dunia. Dia pun menyampaikan belasungkawa yang mendalam kepada keluarga dari belasan pemudik yang tewas itu.

Menurut dia, kemacetan di Brebes maupun peristiwa meninggalnya belasan pemudik itu tak boleh terjadi. ‎"Karena macet sudah rutin tahunan, bukan hanya Lebaran, ada libur panjang, tahun baru, Natal, juga macet," ungkap wakil ketua Majelis Syuro Partai Keadilan Sejahtera ini‎.

Sehingga, menurut dia, seharusnya pemerintah sudah memiliki solusi jauh-jauh hari sebelum warga melaksanakan mudik tahun ini.‎ "Jadi, saat membangun jalan tol, sudah tahu dampaknya. Ketika kemudian ada exit dan tempat exitnya itu tidak memadai dan bertemu jalur lain, pasti akan macet yang luar biasa," pungkasnya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5385 seconds (0.1#10.140)