Mudik Lebaran 2016, Menhub Evaluasi Beberapa Hal Penting Ini

Kamis, 07 Juli 2016 - 13:41 WIB
Mudik Lebaran 2016, Menhub Evaluasi Beberapa Hal Penting Ini
Mudik Lebaran 2016, Menhub Evaluasi Beberapa Hal Penting Ini
A A A
JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan menyebut jika pihaknya akan mengevaluasi hal penting dalam musim mudik Lebaran 2016 tahun ini. Dirinya mengaku jika acara tahunan ini yang perlu dievaluasi yaitu masih kurangnya rekayasa jalan raya. Padahal, ini penting bagi pemudik yang menggunakan jalan tol sebagai jalur mudik mereka.

"Yang harus perbaikan itu, saya sudah minta semua pengelola jalan tol dan BPJP serta Kementerian PU agar lebih aktif membantu Polri dalam merekayasa lalu lintas terutama pengguna jalan tol," ujar Jonan di Posko Mudik Nasional, Kemenhub, Jakarta Pusat, Kamis (7/7/2016).

Mantan Direktur Utama PT KAI itu menyebut dengan adanya rekayasa jalan ini maka pengelola dari berbagai pihak terkait bisa mengantisipasi jika terjadi lonjakan pemudik.

Lebih lanjut untuk arus balik nanti, Jonan meminta agar pengelola jalan tol lebih memperhatikan titik-titik pintu tol keluar yang akan dituju para pemudik dari kampung halaman mereka.

"Pada saat arus balik nanti yang harus diperhatikan adalah pintu tol mana yang padat. Saya kira di Cikarang dan Pasteur, menurut saya dua itu berat, harus benar-benar diperhatikan tempat ini. Kalau yang lain saya kira lebih merata. Jangan diem saja, menurut saya (pengelola jalan tol) kurang (mengantisipasi)," kata Jonan.

Agar pemudik tidak terjebak kemacetan pada arus balik nanti, dirinya menyarankan agar tetap menggunakan jalur alternatif. Karena jalur alternatif pada tahun ini sepi peminat.

"Ada data jalur alternatif bisa tanya ke Korlantas. Orang lewat tol kepengen coba jalan tol baru, malah jalan non tol sepi paling ramai pas halal bi halal kemarin," ucapnya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7014 seconds (0.1#10.140)