Ambulan Siap Antar Pemudik Jika Sakit Keras

Jum'at, 01 Juli 2016 - 05:08 WIB
Ambulan Siap Antar Pemudik Jika Sakit Keras
Ambulan Siap Antar Pemudik Jika Sakit Keras
A A A
JAKARTA - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan menyediakan mobil ambulan yang disediakan di lima posko mudik. Ambulan ini siap mengantar pemudik yang butuh layanan gawat darurat.

Direktur Pelayanan BPJS Kesehatan Maya Amiarny Rusady mengatakan, pihaknya menyediakan posko mudik di lima titik padat pemudik. Fasilitas yang disediakan mulai dari konsultasi kesehatan, pemeriksaan kesehatan sederhana dan juga obat-obatan.

Yang menarik pihaknya menyediakan ambulans untuk berjaga-jaga apabila ada pemudik yang mengalami kondisi emergensi dan harus dilarikan ke rumah sakit terdekat. Dia menjelaskan, pihaknya juga siap memberikan rujukan bilamana sangat diperlukan dan juga sosialisasi kepada masyarakat.

Lima posko mudik yang dioperasikan BPJS Kesehatan ialah Pelabuhan Merak (Banten), Pelabuhan Soekarno Hatta (Makassar), Pelabuhan Gilimanuk (Bali), Terminal Kampung Rambutan (Jakarta) dan Terminal Bungurasih (Surabaya). Posko akan beroperasi sejak 30 Juni hingga 5 Juli.

Selain itu, pihaknya juga menyediakan fasilitas relaksasi dan istirahat untuk melayani pemudik. Dimana di dalamnya ada dua tim yang bertugas bergantian. Masing-masing tim terdiri dari satu petugas BPJS Kesehatan, serta satu dokter dan dua paramedis dari puskesmas dan fasilitas kesehatan lain.

“Poskonya beroperasi 24 jam dan bisa diperoleh secara gratis. Pemudik pun tidak perlu sungkan memanfaatkan keberadaan fasilitas relaksasi ini,” katanya ketika ditemui di Posko Mudik BPJS Kesehatan di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta, Kamis 30 Juni 2016.

Kepala Terminal Kampung Rambutan Emiral August mengapresiasi pendirian posko ini karena akan memudahkan penumpang jika mengalami sakit. Dia pun berharap jika BPJS Kesehatan berkenan membuka pos tes urine bagi sopir bus. Sebab keselamatan penumpang sangat dipengaruhi oleh kondisi para sopir tersebut.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9037 seconds (0.1#10.140)