Kedaulatan Cyber Bisa Cegah Radikalisme

Sabtu, 25 Juni 2016 - 13:34 WIB
Kedaulatan Cyber Bisa Cegah Radikalisme
Kedaulatan Cyber Bisa Cegah Radikalisme
A A A
JAKARTA - Indonesia harus memiliki kedaulatan cyber terlebih dahulu, karena internet menjadi pintu utama bagi banyak informasi termasuk paham radikal. Kedaulatan cyber berguna untuk mengontrol arus informasi termasuk paham radikal dengan standar negara demokratis.

Anggota Komisi I DPR Arief Suditomo mengatakan, setelah kedaulatan cyber, langkah selanjutnya adalah berbagai konten digital/ elektronik yang membahayakan negara, akan dapat kita lakukan preventif action.

"Sehingga arus informasi bisa dikontrol dengan standar negara demokratik namun tetap mengutamakan kepentingan nasional di atas segalanya." ujar Arief, Jumat, 24 Juni 2016.

Sementara itu, dosen ilmu komunikasi Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Surabaya, Yuli Candrasari menilai, kedaulatan cyber sangat penting untuk mengantisipasi dan meminimalisasi dampak negatif internet. Khususnya penggunaan media sosial yang sekarang banyak dimanfaatkan untuk propaganda radikalisme dan terorisme. (Baca: Pemerintah Diminta Larang WNI Lintasi Wilayah Rawan Sparatis)

"Jika hasil browsing di internet itu sama dengan pemikirannya, maka akan memperkuat bahwa paham itu benar, lalu dia akan melakukan seperti informasi yang dia dapatkan termasuk yang radikal,“ ucap Yuli.
(kur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6107 seconds (0.1#10.140)