Mendagri Dukung Usul KTP Bermeterai bagi Calon Independen

Rabu, 20 April 2016 - 16:07 WIB
Mendagri Dukung Usul KTP Bermeterai bagi Calon Independen
Mendagri Dukung Usul KTP Bermeterai bagi Calon Independen
A A A
JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mendukung usulan Komisi Pemilihan Umum (KPU) agar pengumpulan Kartu Tanda Penduduk (KTP) bagi calon perseorangan dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) harus disertai materai.

"Saya kira maksudnya baik ya. Bahwa calon pendukung itu bisa dibuktikan tidak hanya melalui KTP yang sah tetapi juga ada dukungan bermeterai," ujar Tjahjo di Kantor Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Jakarta, Rabu (20/4/2016).

Tjahjo menilai usulan KPU agar formulir pengumpulan KTP disertai materai dianggap positif. Kendati demikian, usulan tersebut perlu diatur secara jelas.

Nantinya, kata Tjahjo, warga negara yang menyatakan dukungan kepada calon perseorangan melalui pengumpulan KTP bisa dibuktikan dengan formulir bermaterai. "Itu maksudnya KPU sehingga tidak ada manipulasi dukungan bahwa semua bermeterai," ucapnya.

Selain menghindari tindakan manipulatif, adanya KTP bermaterai juga untuk mengantisipasi adanya tumpang tindih nama dalam KTP. "Tetapi (KTP bermaterai) ini baru usulan, dan nanti akan dibahas lagi," ujarnya.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7172 seconds (0.1#10.140)
pixels