Di Forum Ini Tito Karnavian Bicara Terorisme di Indonesia

Selasa, 19 April 2016 - 11:50 WIB
Di Forum Ini Tito Karnavian Bicara Terorisme di Indonesia
Di Forum Ini Tito Karnavian Bicara Terorisme di Indonesia
A A A
JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menggelar diskusi bertajuk 'The General Briefing on Counter-Terorism di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Selasa (19/4/2016).

Dalam acara itu Kepala BNPT, Komjen Pol Tito Karnavian akan memberikan briefing terkait situasi perkembangan terorisme di Indonesia. Kegiatan briefing ini juga mengundang duta besar negara luar yang berkedudukan di Jakarta.

Turut hadir menjadi narasumber yakni enam duta besar seperti Pakistan, Belgia, Prancis, Irak, Tunisia dan Turki. Para narasumber akan membawakan topik yang sama dalam konteks kontra terorisme.

Sebelumnya Tito Karnavian mengatakan, BNPT membuat program khusus untuk menetralisir radikalisasi di Poso dan di Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB).

"‎Qoidah Aminah adalah tempat yang menjadi safe base daerah aman dan kemudian tempat itu bisa jadi cikal bakal untuk pembentukan daulah versi mereka sendiri," kata Kepala BNPT Komjen Tito Karnavian‎ di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu 13 April 2016.

‎Adapun alasan kelompok jaringan teror menjadikan Poso sebagai Qoidah Aminah karena sebagian masyarakat sekitar mendukung. Sedangkan hal yang mendasari dukungan dari sebagian masyarakat karena masih ada benih dendam pascakonflik Poso.

"Yang kedua medannya ideal untuk perang gerilya, Poso adalah tempat yang ideal karena gunung-gunungnya saya kira nomor dua terlebat setelah Papua," ucapnya.

Lebih lanjut dia mengungkapkan, demikian pula di Bima, NTB yangg digarap kelompok radikal. ‎"Sehingga perlu dilakukan upaya khusus, program khusus untuk menetralisir berkembangnya terorisme dan radikalisme prokekerasan di Bima," pungkasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6230 seconds (0.1#10.140)