Menko Maritim Ajak Pelajar Ekspedisi GMT di Atas Kapal di Belitung

Selasa, 08 Maret 2016 - 11:37 WIB
Menko Maritim Ajak Pelajar Ekspedisi GMT di Atas Kapal di Belitung
Menko Maritim Ajak Pelajar Ekspedisi GMT di Atas Kapal di Belitung
A A A
JAKARTA - Fenomena Gerhana Matahari Total (GMT) yang melintasi sejumlah wilayah di Indonesia disambut meriah. Kementerian Koordinator Maritim dan Sumber Daya pun menyiapkan Ekspedisi Maritim GMT 2016 untuk mengabadikan fenomena alam tersebut dari atas kapal KM Kelud di Perairan Belitung.

Menko Maritim dan Sumber Daya Rizal Ramli secara resmi melepas sekitar 1.125 peserta Ekspedisi Maritim GMT 2016 di Terminal Penumpang, Nusantara Pura 2, Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (8/3). Para peserta Ekspedisi Maritim GMT 2016 berasal dari elemen pelajar se-Jabodetabek, mahasiswa, undangan, dan media.
Menko Maritim berharap Ekspedisi Maritim GMT ini mampu mendorong para pelajar dan mahasiswa untuk semakin mencintai dunia Maritim. Apalagi pelajar dan mahasiswa yang mengikuti ekspedisi kali ini berasal dari sekolah unggulan di Jabodetabek.

"Selamat buat kalian yang terpilih mengikuti Ekspedisi Maritim Gerhana Matahari Total. Inilah saatnya bagi kalian untuk mengenal dan mencintai dunia maritim,"pesan Rizal Ramli yang disambut tepuk tangan dari peserta.

Rizal Ramli juga kembali mengingatkan pentingnya menguasai maritim."Negara yang maritimnya kuat pasti akan menguasai dunia. Contoh Inggris di abad lampau memiliki armada maritim dan kapal dagang yang kuat sehingga bisa menguasai perdagangan dunia kala itu,"katanya.

Selain ingin lebih mengenalkan dunia kemaritiman, kata Rizal, tujuan Ekspedisi Maritim GMT 2016 ini untuk mengabadikan Gerhana Matahari Total dari atas kapal KM Kelud di Perairan Belitung, Rabu (9/3) besok.

"Fenomena Gerhana Matahari Total ini fenomena langka. Tentu sangat luar biasa untuk bisa turut menyaksikan Gerhana Matahari Total di laut lepas,"jelasnya.

Ekspedisi Maritim kali ini akan dimulai dari Terminal Penumpang Nusantara Pura 2, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (8/3) hingga Kamis (10/3). Selama perjalanan, para peserta akan mendapatkan ilmu mengenai kemaritiman, Seminar Gerhana Matahari Total, Seminar Pemuda Bahari, Diskusi Pakar, dan wisata edukasi di Perairan Belitung.

Rencananya, wilayah Belitung akan dilalui Gerhana Matahari Total selama 2 menit 10,7 detik mulai pukul 07.22 - 07.25 WIB.
(aww)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7815 seconds (0.1#10.140)