Presiden Akan Lantik Gubernur Terpilih di Istana

Selasa, 02 Februari 2016 - 18:54 WIB
Presiden Akan Lantik Gubernur Terpilih di Istana
Presiden Akan Lantik Gubernur Terpilih di Istana
A A A
JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo memastikan pelantikan gubernur dan wakil gubernur terpilih dalam Pilkada Serentak 2015 akan dilakukan di Istana Merdeka.

Pelantikan akan dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk gubernur dan wakilnya yang secara sah sudah diputuskan sebagai pemenang pilkada.

"Kalau (pelantikan) gubenur di sini (Istana). Sementara tujuh (daerah) dulu. Kalteng (Kalimantan Tengah) belum selesai. Mudah-mudahan setelah beliau (Jokowi) kembali dari luar negeri," kata Tjahjo di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (2/2/2016).

Pelantikan rencananya akan dilangsungkan pertengahan bulan Februari atau sepulang dari agenda US ASEAN Summit, di Amerika Serikat (AS).

Tjahjo mengatakan, untuk melantik tujuh Gubernur dan wakilnya, presiden akan menggunakan Keputusan Presiden (Keppres). Adapun untuk pelantikan bupati dan wali kota serta wakilnya, akan dilakukan di provinsi atau oleh gubernur.

"Yang kita pikirkan itu perpres terkait pelantikan bupati wali kota dengan perpres, ternyata enggak bisa. Itu undang-undang," pungkasnya.

Pilihan:

Ini Jawaban Menteri Susi Respons Somasi Yusril
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6248 seconds (0.1#10.140)