Alasan Bahrun Naim Serang Jakarta

Kamis, 14 Januari 2016 - 22:46 WIB
Alasan Bahrun Naim Serang Jakarta
Alasan Bahrun Naim Serang Jakarta
A A A
JAKARTA - Polda Metro Jaya menyebut Bahrun Naim sebagai dalang di balik aksi teror di Sarinah, Jakarta, Kamis (14/1/2016).

Lalu, apa alasan pria yang sejak 2014 diduga tinggal di Kota Raqqah, Suriah itu memerintahkan kelompoknya menebar aksi teror di Jakarta?

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Tito Karnavian mengungkapkan, aksi teror di kawasan Sarinah terkait dengan persaingan sel-sel ISIS di Asia Tenggara. (Baca juga: Serangan Teroris Sarinah Tewaskan 7 Orang, 1 Warga Kanada)

Menurut dia, sel-sel ISIS di Asia Tenggara ada di Indonesia, Malaysia, Filipina, dan Thailand. Bahrun Naim, kata dia, ingin menjadi pemimpin untuk kelompok ISIS Asia Tenggara.

"Jadi antarpara tokoh ini (pemimpin sel ISIS di negara-negara Asia Tenggara) ingin bersaing menjadi leader. Oleh karena itu Bahrun Naim merancang serangan ini," ujar Tito di kantor Kepresidenan Jakarta, Kamis (14/1/2016).

Tito mengungkapkan, keinginan Naim menjadi pemimpin ISIS Asia Tenggara dimulai dengan membentuk Katibah Nusantara.

"‎Dia ingin membentuk Katibah Nusantara yang meliputi Asia Tenggara sehingga dia ingin rancang serangan di Idonesia, sehingga supaya dikatakan pemimpin," ungkap Tito.

Tito mengungkapkan, Naim juga memiliki keterkaitan dengan kelompok Mujahidin Indonesia Timur (MIT) yang dipimpin Santoso Abu Wardah.

PILIHAN:

Kepala BIN Sebut Pengebom Sarinah Mantan Anggota ISIS
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6163 seconds (0.1#10.140)