Terorisme Dalam Negeri Mudah Diberantas

Kamis, 26 November 2015 - 20:56 WIB
Terorisme Dalam Negeri Mudah Diberantas
Terorisme Dalam Negeri Mudah Diberantas
A A A
JAKARTA - Terorisme yang berasal dari dalam negeri disebutkan lebih mudah diberantas dibanding terorisme yang berasal dari luar negeri.

Mantan Kepala datasemen khusus (Densus) 88 Irjen Pol Tito Karnavian menyatakan hal tersebut dalam Konferensi Radikal dan Deradikalisasi di Pusat Kebudayaan Jerman, Jalan Sam Ratulangi, Kamis (26/11/2015).

"Untuk memberantas homeground terorisme kita mampu, karena bibitnya, akarnya memang berasal dari dalam. Tapi untuk memberantas terorisme impor itu lebih sulit," ucap Tito. (Baca: Polda Metro Cium Sel ISIS Ada di Pamulang)

Tito, mengutip buku Devils Game karya Robert Dreyfuss, mengatakan terorisme impor diciptakan oleh negara-negara Barat, untuk mengalahkan hegemoni Uni Soviet. Oleh karena itu hanya negara-negara Barat yang bisa memusnahkannya.

Terorisme dalam negeri, menurut Tito, berasal dua sumber. Sumber pertama adalah dari dalam negeri dan sumber kedua berasal dari luar negeri.

"Ada homeground terorisme. Terorisme yang tumbuh di dalam negeri, yakni NII yang dipimpin Kartosuwiryo. Lalu ada terorisme impor, yang berasal dari Afghanistan, yang berwujud Jamaah Islamiah (JI)," ucap Kapolda Metro Jaya ini.

PILIHAN:

Kasus Setya Novanto, Jokowi Minta Jangan Ada Intervensi

Di Balik Kasus Freeport-Setya, DPR Dikadalin Sudirman Said
(hyk)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5926 seconds (0.1#10.140)