MNC dan Yayasan Jalinan Kasih Gelar Operasi Hernia Gratis

Minggu, 25 Oktober 2015 - 13:45 WIB
MNC dan Yayasan Jalinan...
MNC dan Yayasan Jalinan Kasih Gelar Operasi Hernia Gratis
A A A
BEKASI - Sebanyak 26 warga menjalani operasi hernia di Rumah Sakit (RS) Sentra Medika Cikarang di Jalan Raya Industri Pasir Gombong Jababeka, Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi, Minggu (25/10/2015).

Operasi hernia ini diberikan secara gratis oleh MNC Group bekerja sama dengan Yayasan Jalinan Kasih.

Kegiatan operasi hernia ini digelar untuk menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-26 MNC Group pada 2 November 2015 mendatang.

Sebelum dilakukan di Cikarang, kegiatan pengobatan hernia juga sudah rutin dilakukan MNC Group setiap tahun.

Koordinator Kegiatan Sosial HUT ke 26 MNC Group, Tony Andrianto mengatakan kegiatan ini merupakan lanjutan dari rangkaian pengobatan yang diberikan secara gratis seperti pemberian kacamata gratis untuk para siswa dan siswi di beberapa sekolah dasar di Jakarta dan Bekasi beberapa waktu lalu.

”Mereka yang mengikuti kegiatan ini berasal dari masyarakat yang kurang mampu, rata–rata pekerjaanya adalah buruh serabutan/lepas,” katanya di Cikarang, Minggu (25/10/2015).

Menurut dia, pasien yang menjalani operasi berjumlah 26 orang meliputi 20 pasien dewasa dan enam anak-anak.

Sebanyak 26 pasien itu berasal dari berbagai daerah di Jawa Barat seperti Cikarang, Kabupaten Majalengka, dan Kabupaten Bandung Barat.

Dalam mendapatkan pengobatan gratis ini, para pasien tidak mendaftar ke rumah sakit.

Mereka mendapatkan layanan itu atas peran aktif kader-kader dari Yayasan Jalinan Kasih yang mencari mereka dan mengikuti screening di Rumah Sakit Padalarang.

Menurut Tony, peran serta Yayasan Jalinan Kasih sangat membantunya dalam mencari warga yang sangat membutuhkan bantuan seperti bantuan pengobatan ini.

Sebab, sambung dia, kader Jalinan Kasih mengetahui mana warga tidak mampu dan harus mendapatkan bantuan ini.

Bahkan, pasca operasi tim dari Jalinan Kasih ini nantinya masih akan mendampingi para pasien hingga kondisi kesehatannya normal kembali.

Mereka akan memantau kesehatan pasien hingga sembuh. ”Nanti ada pendampingan setelah dilakukan operasi dan kader Jalinan Kasih yang akan memantau mereka,” ungkapnya.

Salah satu orang pasien hernia, Zaenal (35) mengaku senang dan berterima kasih dengan adanya kegiatan ini.

Menurut dia, anak keduanya yakni Fadil Nursabila yang masih berusia 3 tahun harus mengidap kelainan pada kelaminnya atau dikenal dengan penyakit hernia.

”Dua tahun anak saya menderita hernia,” katanya.

Warga asal Kecamatan Gunung Halu, Kabupaten Bandung Barat ini mengaku gejala yang dirasakan anaknya itu terjadi pada usia dua tahun.

Saat itu pedagang batagor Bandung ini melihat anak kesayanganya tersebut sering menangis kesakitan pada bagian selangkangannya bila setiap kali digendong.

Curiga anaknya selalu kesakitan, kemudian Zaenal membawa anaknya ke klinik yang tidak jauh dari rumahnya.

Setelah dilakukan pemeriksaan ditemukan adanya benjolan pada bagian selangkangan atau dekat dengan alat kelamin anaknya.

”Tiga kali dibawa ke klinik harus dioperasi, tapi tidak punya biaya,” ungkapnya.

Lantaran terpentok dengan biaya, akhirnya Zaenal membawa anaknya keseorang paranormal disekitar rumahnya. Namun, Fadil tidak kunjung sembuh dan semakin parah. Sampai suatu ketika tetangganya menceritakan agar mendaftarkan Fadil untuk dibantu pengobatannya melalui Yayasan Jalinan Kasih.

Setelah disurvei, MNC Group, Yayasan Jalinan Kasih mengikutsertakan Fadil dalam operasi hernia gratis di RS Sentra Medika Cikarang dan tiba ke Cikarang pada Sabtu 22 Oktober 2015.

”Saya sangat terbantu, dan saya berterima kasih kepada MNC. Adanya bantuan ini, anak saya bisa sehat lagi, karena sehat itu sangat mahal,” ujarnya.

Zaenal berharap, MNC Group terus menggelar kegiatan ini karena sangat membantu warga tidak mampu.


PILIHAN:


BNPB: Jakarta, Banten, Jabar, Bali Terimbas Kabut Asap
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1297 seconds (0.1#10.140)