Ulama Diminta Luruskan Umat tentang Pengertian Jihad

Selasa, 29 September 2015 - 18:45 WIB
Ulama Diminta Luruskan Umat tentang Pengertian Jihad
Ulama Diminta Luruskan Umat tentang Pengertian Jihad
A A A
JAKARTA - Ulama diharapkan bisa memberikan pemahaman tentang jalan yang benar yaitu agama Islam yang rahmatan lil alamin serta tentang hakikat jihad yang benar.

Ulama sebagai figur sentral dan memiliki pengaruh luas juga harus menjadi fasilitator dan mediator untuk menciptakan perdamaian di tengah konflik kekerasan yang mengatasnamakan agama.

"Apa yang dikatakan dan diajarkan kiai atau imam masjid, selalu menjadi pegangan dalam masyarakat sekitar,” ujar anggota Komisi VIII DPR Maman Imanulhaq, Selasa (29/9/2015).

Menurutnya, aksi terorisme berawal dari pemahaman yang salah tentang jihad. Bahkan, jihad dijadikan paham ideologis yang melahirkan sikap puritan.

Dia menjelaskan, empat ciri sikap puritan, pertama tidak toleran terhadap perbedaan. Kedua, cenderung berpikir literalis dan mengabaikan aspek lokal dan sejarah. Ketiga, memilih jalan kekerasan dan kebencian ketimbang dialog serta persaudaraan. Keempat bersikap picik dan eksklusif serta melakukan sesuatu tanpa tujuan dengan misi yang jelas.

"Puritanisme secara perlahan tapi pasti akan menumbuhkan radikalisme pada akhirnya memunculkan terorisme,” jelasnya.

Baca: Yusril Ingatkan Pemerintah Hati-hati Ubah UU Terorisme.
(kur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7579 seconds (0.1#10.140)