Jokowi Kunker ke Timur Tengah

Jum'at, 11 September 2015 - 14:52 WIB
Jokowi Kunker ke Timur Tengah
Jokowi Kunker ke Timur Tengah
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke tiga negara wilayah Timur tengah (Timteng). Tiga negara itu adalah Arab Saudi, Persatuan Emirat Arab (PEA), dan Qatar.

Presiden Jokowi beserta rombongan berangkat dari Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur, pagi tadi. Kunjungan kerja itu berlangsung hingga 15 September nanti.

Dalam kunjungan kerja di Timur Tengah, Presiden Jokowi akan melakukan pertemuan bilateral dengan Raja Salman bin Abdulazis di Jeddah, Arab Saudi. Kemudian dengan Sheikh Mohamed bin Zayed Al Nahyan, Putra Mahkota PEA di Abu Dhabi, PEA. Selajutnya dengan Sheikh Tamim bin Hamad Al-Thani, Emir Negara Qatar di Doha, Qatar.

"Kunjungan tersebut bertujuan untuk mempererat hubungan bilateral dengan negara-negara di Timur Tengah," kata Presiden Jokowi saat jumpa pers di Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur, Jumat (11/9/2015).

Selain itu, kerja sama dengan negara-negara Teluk seperti Arab Saudi, PEA, dan Qatar juga akan ditingkatkan melalui kerja sama strategis antara Indonesia dan Gulf Cooperation Council (GCC).

Maka itu, Presiden Jokowi dijadwalkan akan menerima kunjungan kehormatan dari Sekjen Gulf Cooperation Council (GCC), di samping menerima kunjungan kehormatan Presiden Islamic Development Bank di Jeddah, Arab Saudi.

Lebih lanjut, kata dia, Arab Saudi merupakan mitra dagang terbesar RI di kawasan Timur Tengah. Adapun PEA merupakan tujuan utama ekspor Indonesia ke Timur Tengah. Sedangkan Qatar merupakan penyumbang investasi terbesar, termasuk investasi portofolio, dari negara Timur Tengah ke Indonesia secara kumulatif.

PILIHAN:
Silaturahmi ke KPK, Kabareskrim Sempat Temui Penyidik Polri

Bareskrim Sudah Periksa 17 Saksi Terkait Pertamina Foundation
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6183 seconds (0.1#10.140)