Belum Kantongi Visa, 27 Calhaj Brebes Batal ke Tanah Suci

Selasa, 08 September 2015 - 17:10 WIB
Belum Kantongi Visa, 27 Calhaj Brebes Batal ke Tanah Suci
Belum Kantongi Visa, 27 Calhaj Brebes Batal ke Tanah Suci
A A A
BREBES - Sebanyak 27 calon jamaah haji (calhaj) asal Brebes, Jawa Tengah, dipastikan batal berangkat ke Tanah Suci sesuai jadwal. Keberangkatan mereka terpaksa ditunda karena belum mengantongi visa.

Informasi keterlambatan visa tersebut baru diterima Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Brebes menjelang pemberangkatan ke embarkasi Haji Donohudan, Boyolali pada Senin, 7 September 2015, malam.

Pejabat Pelaksana Harian (Plh) Kepala Kantor Kemenag Brebes Mohammad Basyori mengatakan, pemberitahuan terkait permasalahan visa 27 calhaj dari Panitia Pemberangkatan Ibadah Haji (PPIH) Jateng mendadak.

"Informasi ini kami terima sangat mendadak. Beberapa hari sebelumnya kami sudah koordinasi dengan PPIH Jateng dinyatakan visa jamaah haji asal Brebes tidak ada masalah. Tapi ini ternyata masih ada 27 yang visa-nya belum selesai," tutur Basyori Selasa (8/9/2015).

Para calhaj tersebut berasal dari kelompok terbang (kloter) 47 sebanyak satu orang, kolter 48 sebanyak tujuh orang, kloter 49 berjumlah sembilan orang dan kloter 50 sebanyak 10 orang.

Lantaran belum mendapat visa, mereka akan ditampung di Asrama Haji Donohudan terlebih dahulu sampai mendapatkan visa.

“Mereka ditunda pemberangkatan penerbangannya sampai selesainya visa dibuat,” tutur Basyori.

Selama masa menunggu pengurusan visa selesai, kata Basori, segala akomodasi dan keperluan lain para calhaj menjadi tanggungan PPIH Jateng. Adapun kekosongan kursi mereka akan diisi oleh calhaj dari kloter di bawahnya.

"Mereka nantinya akan diikutkan pada penerbangan selanjutnya. Jadi secara prinsip tidak ada masalah, hanya menunggu soal waktu saja,” tandasnya.

Sesuai jadwal, calhaj asal Brebes diterbangkan dari Bandara Adi Sumarmo ke Jeddah pada 6, 7, 8 September 2015. Mereka tergabung dalam kloter 47, 48, 49, dan 50.


PILIHAN:


Dua Direktorat Akan Keroyok Kasus Pelindo II


21 Tank Leopard Perkuat TNI AD
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5965 seconds (0.1#10.140)