Dana Kampanye Airin Terbesar, Arsid Terkecil

Sabtu, 29 Agustus 2015 - 10:57 WIB
Dana Kampanye Airin Terbesar, Arsid Terkecil
Dana Kampanye Airin Terbesar, Arsid Terkecil
A A A
TANGERANG - Laporan Awal Dana Kampanye (LADK) tiga kandidat peserta Pilkada Kota Tangerang (Tangsel) menunjukkan, pasangan Airin Rachmi Diany-Benyamin Davnie memiliki sokongan dana terbesar, sementara Arsid-Elvier Ariadiannie Soedarto Poetri berdana terkecil.

Data awal rekening dana kampanye itu terpampang di kantor Sekretariat KPU Tangsel di Jalan Kencana Buana, Kelurahan Rawa Buntu, Kecamatan Serpong. Pasangan nomor urut 3 Airin Rachmi Diany-Benyamin Davnie memiliki dana kampanye Rp300 juta, yang diklaim sebagai hasil patungan pribadi keduanya. ”Mereka (peserta) sudah menyerahkannya memang. Karena itu, sesuai aturan KPU, paling lambat Rabu (26/8) lalu mereka serahkan,” kata Ketua KPU Tangsel Muhammad Subhan, kemarin.

Sementara, terbesar kedua dipegang pasangan nomor urut 1 Ikhsan Modjo dan Li Claudia Candra. Pasangan yang diusung Partai Demokrat dan Gerindra ini memiliki modal Rp45,1 juta yang juga berasal dari dana pribadi keduanya. ”Lalu, pasangan Arsid- Elvier memiliki modal kampanye Rp10,5 juta yang berasal dari sumbangan pihak perseorangan. Ketiga pasangan ini membuka dan menyetorkan uangnya ke Bank Jabar Banten BSD,” tuturnya.

KPU Tangsel meminta warga agar meluangkan waktu mengecek nama mereka di dalam daftar sementara pemilih Pilkada yang digelar pada 9 Desember 2015. ”Masyarakat kami harap mau meluangkan waktu untuk mengecek nama mereka yang akan ditampilkan dalam daftar pemilih sementara, awal September mendatang, yakni tanggal 2 dan 4,” lanjutnya.

Daftar pemilih sementara nantinya akan dipublikasikan ke kelurahan dan kantor KPU. Berdasarkan data terakhir KPU Tangsel, jumlah pemilih yang sudah terdaftar sebanyak 1.164.965 orang. Jumlah pemilih tersebut diambil dari Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) dan Pemilihan Presiden 2014.

Meski demikian, data tersebut belum bisa menjadi acuan untuk menetapkan jumlah pemilih di Pilkada Tangsel 2015. Ketua Tim Pemenangan Arsid-Elvier, Rully Novidi Amrullah, menuturkan bahwa pihaknya memang memiliki kesulitan pendanaan.

”Tetapi, saya optimistis dana kampanye awal itu akan bertambah karena banyaknya simpatisan. Dari jumlahitu(Rp10,5juta) saja, sudah ada bantuan dari relawan,” tuturnya.

Denny irawan
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6936 seconds (0.1#10.140)