Buwas Imbau Pansel KPK Pertimbangkan Laporan Bareskrim

Selasa, 25 Agustus 2015 - 17:40 WIB
Buwas Imbau Pansel KPK Pertimbangkan Laporan Bareskrim
Buwas Imbau Pansel KPK Pertimbangkan Laporan Bareskrim
A A A
JAKARTA - Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Komjen Pol Budi Waseso tak mengetahui 10 nama Calon pemimpin (Capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang dianggap bermasalah versi Indonesia Corruption Watch (ICW).

Dia juga tidak tahu apakah 10 nama yang dimaksud ICW sama dengan data hasil penelusuran Bareskrim Mabes Polri, mengenai catatan terhadap Capim KPK sebagaimana pernah diberikan kepada Panitia seleksi (Pansel) KPK.

"Saya belum tahu siapa yang disebut bermasalah itu. Sama atau enggak dengan data kami," kata pria yang biasa disapa Buwas ini, di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (25/8/2015).

Akan tetapi, dirinya mengimbau Pansel KPK mempertimbangkan rekomendasi Bareskrim mengenai nama-nama yang menurut pihaknya memiliki catatan masalah. "Kita kerja benar, bukan main-main, kita bekerja resmi dan datanya otentik," ucap Buwas.

Dirinya mengingatkan, agar lain waktu tidak disalahkan apabila nama-nama yang sebelumnya mendapat catatan masalah, justru lolos dalam bursa Capim KPK, termasuk ketika persoalan hukum orang tersebut ditangani Bareskrim.

"Saya sudah bilang dari awal, jika nanti saya mengusut penegakan hukum jangan seolah-olah disebut kriminalisasi, teman-teman (wartawan) juga tolong catat itu," ungkapnya.

"Saya sudah bilang yang sudah rekomendasi saya dan dipertimbangkan pansel, tapi jika nanti diloloskan, kita minta tanggung jawab pansel, apa pertimbangannya dia diloloskan? Jangan nanti saya yang dituduh kriminalisasi, rekayasa, tidak bukan begitu," tegasnya.

Jenderal bintang tiga ini menegaskan, apa yang disampaikan bukan bentuk intervensi Pansel KPK. Bahkan, dirinya mengaku belum mengetahui nama-nama yang lolos tahap wawancara.

"Hari ini saja saya enggak tahu nama-nama yang lolos itu siapa saja," pungkasnya.

Pilihan:

Di NTT, TNI AU dan Tentara Australia 'Duel' di Udara

SBY: Persoalan Bangsa Bermuara pada Kepemimpinan

Kekuatan Marinir Indonesia Masuk Tiga Besar di Dunia
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6067 seconds (0.1#10.140)