Jokowi Apresiasi Kontribusi Muhammadiyah

Senin, 03 Agustus 2015 - 13:40 WIB
Jokowi Apresiasi Kontribusi Muhammadiyah
Jokowi Apresiasi Kontribusi Muhammadiyah
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) hadir dalam acara pembukaan Muktamar ke-47 Muhammadiyah di Makassar, Sulawesi Selatan.

Saat menghadiri muktamar, Jokowi mengungkapkan apresiasinya terhadap peran dan kontribusi Muhammadiyah kepada negara. "Kontribusi Muhammadiyah terhadap negara sangat besar," ujar Jokowi saat pembukaan Muktamar ke-47 Muhammadiyah di Lapangan Karebosi, Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (3/8/2015).

Mantan Gubernur DKI Jakarta itupun mencontohkan kontribusi Muhammadiyah melalui pelayanan kesehatan dan pendidikan.

Melalui pelayanan itu, banyak generasi bangsa yang lahir dan disekolahkan di lembaga kesehatan dan pendidikan milik Muhammadiyah.

"Bayangkan berapa ratus ribu bahkan jutaan bayi yang selamat dilahirkan di RS Muhammadiyah dan klinik Aisiyah di seluruh pelosok negeri ini. Berapa juta orang menyelesaikan pendidikan di sekolah-sekolah Muhammadiyah," tutur Jokowi.

Belum lagi peran Muhammadiyah dalam sektor ekonomi dan sosial. Menurut Jokowi semua elemen bangsa sudah sepatutnya memberikan ucapan terima kasih kepada Muhammadiyah ini.

"Kita semua menaruh hormat dan berterima kasih pada kontribusi Muhammadiyah bagi bangsa dan negara," katanya.

Hal senada disampaikan Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Syaifuddin yang mengatakan, bangsa Indonesia banyak memiliki hutang budi kepada Muhammadiyah.

"Tentu pemerintah sangat bersyukur, kontribusi Muhammadiyah selama ini yang luar biasa," ucap Lukman.

Menurut dia Muhammadiyah dapat menjadi contoh bagi lembaga-lembaga lain untuk melakukan hal serupa. "Muktamar ini bisa menjadi teladan, bukan hanya bagi organisasi Islam tapi pada umumnya bahkan organisasi lainnya yang ada," kata Lukman.

Lukman menambahkan hingga dibukanya muktamar hari ini, dirinya melihat prosesnya berjalan dengan baik, khidmat dengan tetap menjunjung tinggi nilai-nilai musyawarah serta berkeadaban.

"Ini yang menurut saya kita bisa belajar banyak," ujarnya.


PILIHAN:

Hadiri Muktamar Muhammadiyah, Ini Harapan Jokowi
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7263 seconds (0.1#10.140)