DPR Terima Kedatangan Presiden Turki

Jum'at, 31 Juli 2015 - 19:56 WIB
DPR Terima Kedatangan Presiden Turki
DPR Terima Kedatangan Presiden Turki
A A A
JAKARTA - Ketua DPR Setya Novanto menerima kehadiran Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta. Erdogan mengunjungi DPR setelah sebelumnya bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana.

Dalam pertemuan tersebut, Setya mengungkapkan kepada Erdogan bahwasannya DPR mendukung sepenuhnya gagasan dan kesepakatan kerja sama kedua pemerintah di bidang perdagangan dan investasi, pendidikan, pertahanan.

"DPR berkeyakinan bahwa gagasan dan kesepakatan yang dicapai kedua pemerintah dapat memberikan kontribusi yang baik bagi kesejahteraan rakyat di kedua negara," ujar Setya, Jumat (31/7/2015).

Setya mengatakan, kerja sama antar parlemen kedua negara juga menjadi bagian penting yang dibicarakan dan perlu dikembangkan oleh kedua negara.

"DPR mengharapkan dukungan Pemerintah Turki agar dapat dibentuk Grup Kerja Sama Bilateral Indonesia-Turki," ucapnya.

Menurut Wakil Ketua Umum Partai Golkar kubu Aburizal Bakrie (Ical) itu, Turki merupakan salah satu negara sahabat yang sangat penting bagi Indonesia.

"Kedua negara memiliki sejarah panjang hubungan yang bersahabat, mayoritas penduduk Muslim yang moderat dan damai, serta memiliki banyak simpul kerja sama dimana Indonesia dan Turki menjadi anggota, seperti OKI, D-8, G-20 dan MIKTA. Hal tersebut merupakan refleksi dari kedekatan hubungan Indonesia-Turki," paparnya.

Terkait fungsi legislasi, Setya menyampaikan pada bulan Juni 2014, DPR telah menyetujui Rancangan Undang-undang tentang Pengesahan Persetujuan Kerja Sama Industri Pertahanan Indonesia-Turki.

"Hal tersebut merupakan pencapaian penting dalam hubungan kerja sama kedua negara di bidang pertahanan," tuturnya.

Setya juga menyampaikan ucapan selamat atas pelaksanaan Pemilu Legislatif di Turki bulan Juni lalu yang telah terlaksana secara demokratis dan damai.

"Kami juga bersimpati dan belasungkawa yang mendalam atas terjadinya serangan bom baru-baru ini di Kota Suruc, Turki," jelasnya.

Dalam pertemuan tersebut, turut hadir Wakil Ketua DPR Fadli Zon, Ketua Komisi I DPR Mahfudz Siddiq dan Wakil Ketua Komisi I DPR Tantowi Yahya.

PILIHAN:
Presiden Turki Temui Jokowi di Istana

Jokowi-Erdogan Bahas Terorisme dan Situasi Timteng
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4514 seconds (0.1#10.140)