Usut Dugaan Korupsi, Polisi Geledah Gedung Kemendag

Rabu, 29 Juli 2015 - 08:53 WIB
Usut Dugaan Korupsi,...
Usut Dugaan Korupsi, Polisi Geledah Gedung Kemendag
A A A
JAKARTA - Tim satuan tugas khusus Polda Metro Jaya menggeledah Gedung Kementerian Perdagangan (Kemendag) kemarin.

Penggeledahan terkait dengan pengusutan kasus dugaan tindak pidana korupsi dan pencucian uang (money laundering ). Dari pantauan di lapangan, penggeledahan dipimpin Direskrimum Polda Metro Jaya Kombes Pol Khrisna Murti. Penyidik Polda dikawal sekitar 100 polisi. Mereka bergegas masuk Gedung Kemendag dan menuju ruang Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kemendag Partogi Pangaribuan di Lantai 9. Informasi yang beredar, penggeledahan terkait dengan dugaan korupsi soal dwelling time di area Pelabuhan Tanjung Priok.

Dwelling time adalah waktu yang dihitung mulai dari peti kemas (kontainer) dibongkar dan diangkat (unloading) dari kapal hingga peti kemas tersebut meninggalkan terminal pelabuhan melalui pintu utama. Diduga kuat, dwelling time ini sarat kongkalikong. Khrisna Murti enggan membeberkan detail penggeledahan itu. Dia menyatakan petugas sedang mengumpulkan barang bukti.

“Nanti saja, kalau sudah selesai (penyidikan) diumumkan. Saat ini fokus penyidikan,” katanya di Jakarta kemarin. Penggeledahan berlangsung sejak pukul 17.00 WIB. Petugas menyisir semua ruangan dan memeriksa sejumlah dokumen, juga sejumlah komputer. Setiap sudut ruangan tak luput diperiksa.

Beberapa lemari dan laci juga ditelisik. Dalam penggeledahan tersebut orang kepercayaan Partogi dimintai keterangan. Diadiduga mengetahui kasus yang tengah diusut tersebut. “Namanya Ronald,” kata salah satu pegawai Kemendag yang enggan disebutkan namanya.

Helmi syarif
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1649 seconds (0.1#10.140)