Penjabat Wali Kota Emban Tugas Berat dalam Masa Transisi

Selasa, 21 Juli 2015 - 10:13 WIB
Penjabat Wali Kota Emban Tugas Berat dalam Masa Transisi
Penjabat Wali Kota Emban Tugas Berat dalam Masa Transisi
A A A
SERANG - Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Banten Rano Karno melantik Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Banten Suyitno sebagai penjabat wali Kota Cilegon di Kantor Gubernur Banten kemarin.

Suyitno diberikan tugas oleh menteri dalam negeri untuk menjalankan roda pemerintahan Kota Cilegon hingga terpilih wali Kota Cilegon definitif hasil pilkada yang akan digelar Desember 2015. Rano meminta penjabat wali Kota Cilegon fokus pada tujuan bersama pembentukan Kota Cilegon yaitu memajukan wilayah Kota Cilegon dalam masa transisi pemerintahan.

”Saya minta Pak Suyitno untuk dapat mengemban tugas berat ini sampai wali Kota Cilegon terpilih nanti,” ujarnya. Pelantikan penjabat wali Kota Cilegon harus dilakukan karena jabatan Wali Kota Cilegon Iman Ariyadi dan Wakil Wali Kota Cilegon Edi Aryadi telah habis atau berakhir pada Senin (20/7).

Rano juga mengingatkan penjabat wali Kota Cilegon dapat melakukan konsolidasi penuh terhadap jajaran Pemkot Cilegon agar tercipta suasana yang kondusif dalam masa transisi tersebut. ”Pak Suyitno agar mendukung penuh kelancaran penyelenggaraan pemilihan wali dan wakil wali Kota Cilegon pada tahun ini.

Dukungan itu dapat berupa fasilitasi sosialisasi penyelenggaraan pilkada, dukungan sarana dan memelihara kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat, serta merekam semua ihwal yang berlangsung selama pelaksanaan pilkada,” beber Rano. Menurut dia, Kota Cilegon bagian dari wilayah pemerintahan yang ada di Banten berperan dan berkedudukan sama dan sederajat dengan daerah lain.

Sebagai daerah otonom, peran dan kedudukan tersebut akan terukur dari seberapa besar kontribusinya dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat. ‘’Kota Cilegon telah memperlihatkan kemajuan yang pesat di berbagai bidang baik fisik, infrastruktur, pendidikan, sosial, maupun ekonomi,’’ ucapnya.

Mengenai agenda Pilkada Kota Cilegon, Rano mengimbau semua pihak yang terlibat baik langsung maupun tidak langsung untuk tetap mempunyai keyakinan teguh dalam menerapkan prinsip-prinsip jujur, adil, dan rahasia pada setiap tahapan pelaksanaan pilkada. ”Kelak dapat kembali memperoleh pemimpin yang berperilaku dan berkepribadian mulia, penuh tanggung jawab dan dedikasi, serta amanah,” harapnya.

Suyitno berjanji melaksanakan amanat untuk memimpin Kota Cilegon selama enam bulan ke depan. ”Saya akan jalankan dengan baik dan melaksanakannya dengan penuh tanggung jawab. Selanjutnya saya segera bersilaturahmi dan berkoordinasi dengan pejabat di lingkungan Pemkot Cilegon sekaligus masyarakat,” katanya.

Mantan Wali Kota Cilegon Iman Ariyadi yang hadir dalam pelantikan itu mengatakan, banyak tugas yang belum diselesaikan antara lain pembangunan sport center, jalan lingkar utara, dan proyek lainnya.

Teguh mahardika
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9880 seconds (0.1#10.140)