SBS Sukses Wujudkan Kohesi Sosial di Australia

Selasa, 23 Juni 2015 - 09:41 WIB
SBS Sukses Wujudkan Kohesi Sosial di Australia
SBS Sukses Wujudkan Kohesi Sosial di Australia
A A A
SYDNEY - Bangsa yang multikultur dan multietnik seperti Australia memerlukan media yang dimanfaatkan sebagai alat untuk pemersatu. Media memberikan pemahaman dan ruang publik untuk membuka kesempatan bagi masyarakat untuk saling mengenal dan menghormati.

Australia membuktikan peran media dalam menjaga keharmonisan sosial untuk menciptakan asimilasi sosial yang kuat. Menurut Tod Loydell, Kepala Hubungan Pemerintahan SBS, penelitian Scarlon Foundation menyebutkan Australia menjadi negara multikultur yang sukses. Bahkan media memberikan kontribusi positif dalam kohesi sosial masyarakat negara multikultur yang sukses.

”Pemahaman budaya lain menjadi hal penting bagi Pemerintah Australia,” katanya kepada KORAN SINDO kemarin di Sydney, Australia. Media menjadi alat yang efektif dan efisien bagi Australia dalam upaya membangun persamaan pemahaman. Selanjutnya media berkembang menjadi ajang hiburan dan informasi yang dibutuhkan masyarakat.

Informasi yang cerdas yang tidak provokatif memberikan jaminan ketenteraman dan keharmonisan. ”SBS berbeda dengan BBC yang menyebarkan persepsi Inggris ke seluruh dunia. Kita justru untuk khusus konsumsi domestik,” kata Loydell. Namun dia menjamin independensi medianya dari intervensi pemerintah.

Media juga menjaga keseimbangan sosial yang dengan memberikan informasi yang seimbang dan berimbang. Australia yang memiliki banyak etnik sehingga memerlukan media yang paling efektif dan efisien dalam menjauhkan negara dari friksi sosial yang mengganggu.

Menurut Yang Joong-joo, produser eksekutif program Korea SBS, pesan yang disampaikan kepada komunitas etnik, terutama Korea, adalah agar mereka tinggal di Australia tanpa menciptakan konflik. ”Media selayaknya melayani komunitas agar tetap menjauhi konflik,” ungkapnya.

Awalnya media di Australia fokus pada mengeratkan warga Aborigin dengan komunitas lain. Seiring banyaknya imigran ke Australia, media juga mengembangkan pendekatan ke komunitas lain. Corporate Affairs SBS Jack Leeway mengatakan, media memiliki tanggung jawab dalam merekatkan komunitas. SBS merupakan stasiun televisi yang didanai Pemerintah Australia dan mengoperasikan lima stasiun televisi dan lima radio jaringan.

SBS menyediakan layanan radio dan televisi multikultural dan multibahasa yang mendidik dan menghibur rakyat Australia yang beragam. Berdirinya SBS karena memperhatikan komunitas minoritas yang membutuhkan informasi dalam bahasa mereka. ?

Laporan Wartawan KORAN SINDO
ANDIKA HENDRA M
SYDNEY
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9444 seconds (0.1#10.140)