Kontras Tolak Bang Yos, Ini Sikap Komisi I DPR

Senin, 22 Juni 2015 - 11:01 WIB
Kontras Tolak Bang Yos,...
Kontras Tolak Bang Yos, Ini Sikap Komisi I DPR
A A A
JAKARTA - Komisi I DPR akan menampung aspirasi masyarakat terkait pencalonan Sutiyoso menjadi Kepala Badan Intelijen Negara (BIN).

Termasuk asprasi berbagai kalangan, salah satunya dari Komisi untuk Orang Hilang dan Tindak Kekerasan (Kontras) yang menolak pencalonan pria yang biasa disapa Bang Yos itu.

Menurut Ketua Komisi I DPR Mahfudz Siddiq penolakan terhadap Bang Yos sapaan akrab Sutiyoso merupakan hal biasa.

Kendati demikian, kata dia, Komisi I sebagai pihak yang menangani bidang keamanan dan pertahanan akan mendengar dan memberi ruang atas masukan-masukan masyarakat.

"Di era demokrasi pro dan kontra terhadap calon pejabat negara itu biasa. Komisi I akan perhatikan itu," ujar Mahfudz melalui pesan singkat kepada Sindonews, Senin (22/6/2015).

Dia menjelaskan, Komisi I akan melaksanakan fit and proper test atau uji kepatutan dan kelayakan calon kepala BIN sesuai perundang-undangan. "Namun proses fit n proper test calon kepala BIN akan merujuk kepada undang-undang," tandas politikus dari Partai Keadilan Sejahtera itu.

Kontras menolak pencalonan Bang Yos karena menganggap mantan Gubernur DKI Jakarta itu terlibat dalam kasus pelanggaran hak asasi manusia (HAM).

Adapun dugaan pelanggaran itu terkait kasus penyerbuan kasus kantor Partai Demokrasi Indonesia pada 27 Juli tahun 1996. Saat itu Sutiyoso menjadi Pangdam V Jaya.


PILIHAN :

Kontras Ajak Publik Tolak Bang Yos Jadi Kepala BIN


Komnas HAM Khawatir Bang Yos Pakai Cara Rezim Orba
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6154 seconds (0.1#10.140)