PDIP Kembali Calonkan Kepala Daerah Berprestasi

Rabu, 17 Juni 2015 - 08:45 WIB
PDIP Kembali Calonkan Kepala Daerah Berprestasi
PDIP Kembali Calonkan Kepala Daerah Berprestasi
A A A
JAKARTA - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) memastikan kembali akan mencalonkan kepala daerah yang berprestasi pada pilkada serentak 2015.

”Kalau jelas prestasinya, disukai masyarakat yang dipimpinnya, tentu tidak ada alasan bagi DPP untuk tidak kembali memberikan rekomendasi. Itu sudah menjadi sikap politik partai dalam menjalankan dan mengaplikasikan ideologi,” kata Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto di Jakarta kemarin. Hasto lantas membeberkan beberapa calon incumbent yang dianggap berprestasi.

Mereka antara lain Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, Bupati Ngawi Budi Sulistiyono, dan Bupati Bantul Sri Suryawidati. ”Bahwa untuk membangun sebuah daerah tak bisa hanya diselesaikan satu periode saja. Tentu hal yang baik akan dipertahankan. Karena itu, bagi mereka yang dinilai berprestasi dan berpihak pada rakyat, tentu saja mendapatkan kesempatan seluas-luasnya,” ujar dia.

Hasto juga mengungkapkan, saat ini DPP PDIP sudah mengeluarkan rekomendasi untuk dicalonkan dalam pilkada. Calon tersebut antara lain untuk pilkada di Bali, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sumatera Barat, Sumatera Utara, dan beberapa daerah lain. ”Bahkan di beberapa tempat lain kita berikan rekomendasi sudah secara pasangan,” ucapnya.

Ketua DPP PDIP Andreas H Pareira mengungkapkan, untuk pilkada serentak tahun ini partainya menargetkan untuk menang minimal di 50% daerah. PDIP, kata dia, mempunyai kategori wilayah-wilayah prioritas.

”Pertama wilayah di mana PDIP bisa mencalonkan sendiri, artinya punya kursi DPRD di atas 20%. Kedua, wilayah di mana PDIP harus berkoalisi serius karena hanya punya kursi DPRD 10-20%. Ketiga, wilayah di mana PDIP hanya mempunyai kursi DPRD kurang dari 10%,” sebutnya.

Rahmat sahid
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7995 seconds (0.1#10.140)