Magnet Wisata dari Kawasan Indonesia Timur

Senin, 15 Juni 2015 - 08:20 WIB
Magnet Wisata dari Kawasan Indonesia Timur
Magnet Wisata dari Kawasan Indonesia Timur
A A A
JAKARTA - Festival Danau Sentani (FDS) kembali akan digelar di Pantai Khalkote, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Papua, 19-23 Juni mendatang.

Salah satu atraksi unik dari FDS VIII 2015 kali ini adalah pentas tari Isosolo yaitu menari di atas perahu. Tarian ini akan diikuti 26 kampung dari 26 ondofi (tokoh masyarakat adat) di mana setiap kelompok terdiri atas 40 orang. Ada juga acara yang akan menjadi tontonan menarik dalam penyelenggaraan FDS kali ini yakni tarian ”Berperang di Atas Perahu”. Pesertanya terdiri atas 20 kampung dari 20 ondofiyang mana setiap kelompok minimal terdiri atas 30 orang.

Selain itu, ada juga Gema Tifa Kolosal yaitu acara pementasan musik dengan menggunakan tifa atau alat musik tradisional Papua. Kegiatan ini sebagai upaya memperkenalkan tifa sebagai ikon dalam FDS 2015 ini. ”Ini event yang selalu ditunggu- tunggu setiap tahunnya oleh masyarakat Kabupaten Jayapura sejak pertama kali diselenggarakan pada 2008. FDS VIII adalah pesta budaya yang berbasis masyarakat dan lahir dari Danau Sentani,” ujar Maria Mayabubun, mantan Kabid Ekowisata Kementerian Pariwisata, dalam rilisnya.

Menurut Maria yang kini menjabat Kabid Wilayah Eropa Kementerian Pariwisata, tema festival kali ini adalah ”My Culture My Prosperous” atau ”Budayaku Sejahteraku”. Tema itu menjadi ekspresi dari kecintaan terhadap sesama manusia melalui penguatan karakter budaya sebagai bagian hidup yang strategis. Itu akan diimplementasikan melalui norma kehidupan yang penuh damai, kerukunan pada semua, termasuk komunitas Danau Sentani yang indah melalui kearifan lokal guna menyejahterakan masyarakat.

Juga pendekatan kekuatan ekonomi yang potensial dari berbagai sektor di Kabupaten Jayapura. Untuk FDS VIII ini, Kementerian Pariwisata juga sudah merancang lima agenda besar yaitu pagelaran seni budaya, pameran, tur wisata dan pasar produksi ekonomi, serta lomba-lomba kesenian dan olahraga. ”Dalam kegiatan FDS 2015 ini juga akan dilakukan pemecahan Rekor Muri untuk tebar benih ikan nila sebanyak I.000.000 ekor dan kerja bakti massal 10.000 orang, pembersihan Danau Sentani, serta bursa batu akik Cycloop,” sebut mantan Kasubdit Promosi Tujuan Wisata V Wilayah Papua, Papua Barat, Maluku, dan Maluku Utara Ditjen PPDN Kementerian Pariwisata itu.

Penyelenggaraan FDS VIII ini tentunya diharapkan dapat mengangkat jumlah kunjungan wisatawan serta mendorong peningkatan pertumbuhan ekonomi masyarakat. Lewat FDS VIII ini, pemerintah bahkan menargetkan mendatangkan wisatawan lebih dari tahun lalu yang mencapai 10.000 wisatawan.

M ridwan
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5924 seconds (0.1#10.140)