3.000 Personel Jaga Pernikahan Putra Jokowi

Sabtu, 06 Juni 2015 - 11:01 WIB
3.000 Personel Jaga Pernikahan Putra Jokowi
3.000 Personel Jaga Pernikahan Putra Jokowi
A A A
SOLO - Pengamanan pernikahan putra Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka, dan Selvi Ananda melibatkan petugas yang sangat banyak. Polda Jawa Tengah mengungkapkan setidaknya 3.000 personel baik Polri maupun TNI dikerahkan untuk kesuksesan acara itu.

Kepala Bidang Humas Polda Jawa Tengah Kombes Pol A Liliek Darmanto mengatakan pengamanan akan dilakukan hampir sepekan, terhitung mulai 8 Juni hingga 12 Juni nanti. ”Kami akan upaya maksimal untuk mengamankan acara ini, mengamankan Kota Solo. Karena ini acara RI-1 (Presiden), jadi tidak boleh ada cacat sedikit pun,” kata Liliek di Mapolda Jawa Tengah kemarin.

Liliek menyebut polres-polres di sekitar Solo juga akan dilibatkan dalam pengamanan tersebut. Pengamanan dilakukan menyeluruh, baik oleh petugas berseragam maupun tidak. Pengamanan tidak hanya di titik acara pernikahan, tetapi menyebar hingga objek-objek vital, di antaranya bandara, hotel, mal hingga tempat perbelanjaan.

Diketahui, acara resepsi putra Presiden ini akan digelar di Gedung Graha Saba Buwana di Jalan Letjen Suprapto Solo pada Kamis 11 Juni mendatang. Resepsi digelar di Gedung Graha Saba Buwana, Jalan Letjen Suprapto, Sumber, Solo. Dari pantauan kemarin, tenda- tenda mulai dipasang di rumah kediaman pribadi Jokowi maupun rumah orang tua Selvi Ananda.

Di rumah pribadi Jokowi di Jalan Kutai Utara RT 8 RW VII, Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, sejumlah orang tampak mulai memasang tenda. Pemasangan tenda juga melebar ke sejumlah gang di perempatan jalan di dekat rumah Jokowi. Sementara untuk mengantar tamu yang datang ke acara resepsi, panitia mengerahkan ratusan becak.

Para tukang becak dibagi di dua lokasi, yakni di parkir di Lapangan Banyuanyar dan di lapangan Sumber. ”Untuk pengarahan sudah kami serahkan ke forum komunikasi keluarga becak (FKKB) Solo,” kata Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Solo Yosca Herman Sudrajat.

Tukang becak yang ditugasi mengantar tamu dari area parkir menuju lokasi resepsi pernikahan masingmasing dibayar Rp200.000. Dana untuk upah berasal dari keluarga Presiden Joko Widodo dan bukan dari Pemkot Solo. Para tukang becak yang menjemput tamu akan diberi baju lurik dan blangkon baru. ”Jadi bukan dipinjami,” ujar Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo.

Juru bicara keluarga Presiden Jokowi Anggit Noegroho mengatakan, tamu yang diundang dalam pernikahan Gibran- Selvi adalah mantan presiden, Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla, jajaran menteri dan duta besar negara sahabat. Selain itu ketua umum partai, di antaranya Prabowo Subianto yang menjadi rival Jokowi saat Pemilihan Umum Presiden 2014 lalu.

Undangan telah didistribusikan sejak Senin 1 Juni lalu. Untuk tamu saat resepsi pagi adalah berasal dari keluarga, tetangga dan teman dekat. Sejauh ini belum dibahas mengenai kado-kado dari tamu saat pernikahan. Namun pihaknya mengimbau agar para tamu tidak membawa angpau atau kado. ”Keberadaan tetangga hanya sebagai undangan. Sebab semuanya telah diserahkan kepada wedding organizer yang menangani,” ungkap Anggit.

Eka setiawan/ ary wahyu wibowo
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8008 seconds (0.1#10.140)