BNN Ajak Semua Pihak Peduli Bahaya Narkoba

Minggu, 31 Mei 2015 - 23:14 WIB
BNN Ajak Semua Pihak Peduli Bahaya Narkoba
BNN Ajak Semua Pihak Peduli Bahaya Narkoba
A A A
JAKARTA - Pencegahan penyalahgunaan narkoba harus dilakukan secara kreatif. Hal ini penting untuk dilakukan, mengingat modus penyebaran narkoba sudah semakin berbahaya. Di satu sisi masyarakat juga masih acuh dengan permasalahan narkoba.

Selain lewat diskusi publik atau penyuluhan kali ini Badan Narkotika Nasional (BNN) juga hadir di Car Free Day, Minggu (31/5/2015) di Jakarta Pusat.

Direktur Diseminasi Informasi, Deputi Bidang Pencegahan Badan Narkotika Nasional (BNN), Drs Gun Gun Siswadi mengatakan, pencegahan penyalahgunaan narkoba harus menjadi gerakan bersama. Hal ini penting karena saat ini jumlah penyalahguna narkoba semakin meningkat.

“Permasalahan penyalahgunaan narkoba bukan saja menjadi tanggung jawab pemerintah, tetapi tanggung jawab semua pihak," kata Gun Gun lewat diskusi publik BNN di Car Free Day, Jakarta Pusat, Minggu (31/5/2015).

"Saat ini pemerintah melalui kementerian terkait dan juga lembaga nonkementerian, bersinergi untuk menyelamatkan masyarakat Indonesia dari penyalahgunaan narkoba,” imbuhnya.

Menurut Gun Gun, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah menyatakan bahwa saat ini Indonesia sedang darurat narkoba. "Oleh karena itu mari kita bersama-sama melakukan upaya pencegahan yang dimulai dari pribadi dan keluarga kita masing-masing," ungkapnya.

Pernyataan Presiden itu tentu saja disertai dengan bukti dan basis data yang akurat sambung Gun Gun. Sedangkan Car Free Day merupakan kegiatan yang positif di mana masyarakat Jakarta dan sekitarnya berkumpul untuk melakukan olahraga bersama.

Olahraga adalah salah satu upaya pencegahan yang dianjurkan oleh BNN agar masyarakat tidak menjadi penyalahguna narkoba. “Olahraga sangat penting untuk menjaga ketahanan tubuh dari serangan penyakit," tuturnya.

"Selain itu olahraga juga mampu menghindarkan seseorang dari gaya hidup tidak sehat seperti menjadi pecandu narkoba," ucap Gun Gun.

Salah seorang peserta yang ikut acara tersebut, Aljufri menyatakan dukungannya terhadap rehabilitasi bagi penyalahguna narkoba.

“Dulu saya adalah pengguna narkoba. Saya menggunakan tiga jenis narkoba. Alhamdulillah sekarang sudah berhenti. Saya sangat mendukung rehabilitasi bagi penyalahguna narkoba," ungkapnya.

"Karena kalau tidak direhabilitasi, akan semakin banyak masyarakat yang terkena narkoba. Pecandu-pecandu narkoba akan membujuk teman-temannya untuk ikut pakai narkoba,” pungkasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8416 seconds (0.1#10.140)