Makanan dan Minuman Palsu Mengancam

Selasa, 26 Mei 2015 - 10:26 WIB
Makanan dan Minuman Palsu Mengancam
Makanan dan Minuman Palsu Mengancam
A A A
Penemuan beras palsu atau beras sintetis asal China mengingatkan masyarakat Indonesia bahwa lingkungan kita saat ini tidak terbebas dari produk makanan dan minuman berbahaya. Fenomena beras sintentis hanya sekian kasus penemuan produk makanan dan minuman ‘aspal’ alias asli tapi palsu di Tanah Air.

Air Zamzam palsu

Kasus air zam-zam palsu lagi heboh di Indonesia. Bahkan baru-baru ini penyidik Polres Jakarta Pusat menggerebek dua pabrik penghasil air zamzam palsu, yakni di Kramat Jati, Jakarta Timur, dan Srengseng, Jakarta Barat. Untuk mengelabuhi konsumen, air zamzam diberi tempelan segel dari bandara supaya terlihat seperti barang impor asal Saudi Arabia.

Madu palsu

Fakta mengungkapkan bahwa 80% madu yang beredar di pasaran ternyata madu oplosan alias palsu. Bahan campuran yang digunakan untuk membuat madu banyak menggunakan bahan kimia yang berbahaya bagi kesehatan. Madu palsu hanya memiliki kadar madu 10-20% saja, selebihnya adalah campuran bahan kimia berupa sitrun, gula biang, air, pengental, pewangi esence, dan putih telur.

Saus palsu

Polrestabes Bandung berhasil menggeledah pabrik saus dan sambal yang beroperasi sudah 14 tahun di Jalan Cicukang nomor 6, Kelurahan Caringin, Kecamatan Bandung Kulon, Januari 2015 lalu. Saus dan sambal yang diproduksi di pabrik ini tidak pakai cabai atau tomat sama sekali. Tapi pakai esensi rasa tomat dan cairan kimia ekstrak cabai.

Ikan segar palsu

Dengan sentuhan di sana-sini ikan busuk bisa disulap menjadi layaknya ikan segar. Untuk menjualnya, ikan yang sudah beraroma tak sedap ini biasanya disejajarkan dengan ikan segar lainnya. Cara lainnya adalah dengan menyuntikkan daging ikan lainnya ke dalam ikan busuk. Untuk membuat ikan terlihat segar, pelaku menggunakan pewarna tekstil.

Minyak Zaitun palsu

Bersamaan dengan kasus pemalsuan air zam-zam, polisi juga menemukan aksi kejahatan pemalsuan pada produk minyak zaitun. Minyak zaitun merk Le Riche telah dipalsukan dengan menggunakan minyak goreng. Pelaku mengaku hanya memakai minyak goreng jenis murni, tanpa campuran zat lain.

Penemuan beras palsu atau beras sintetis asal China mengingatkan masyarakat Indonesia bahwa lingkungan kita saat ini tidak terbebas dari produk makanan dan minuman berbahaya.

Asal muasal telur palsu ini berasal dari negara China, dan kini telah masuk ke Indonesia. Telur palsu ini sangat berbahaya untuk dikonsumsi karna tidak mengandung nutrisi apapun dan hanya berisi sejumlah zat kimia seperti tawas yang dapat mengakibatkan penyakit serius.

Buah Duku palsu

Duku memang cukup mirip dengan buah Langsat. Berbeda dengan Duku, buah Langsat memiliki rasa yang asam-asam manis. Dan saat musim duku tiba, mungkin Anda harus lebih cermat dalam membeli buah ini. Beberapa pedagang nakal, mengoplos buah Duku ini dengan saudaranya yaitu buah Langsat. Buah Langsat memang berharga lebih murah ketimbang buah Duku, oleh sebab itu praktik oplosan buah Duku ini kerap terjadi saat musim buah manis yang satu ini.

Minuman kemasan palsu

Air kemasan palsu ini diisi dengan air dari sungai, sumur bahkan menggunakan air got yang dijernihkan dengan menggunakan tawas dan borak. Tentunya airair ini tidak melalui proses sterilisasi dan kandungan kimia di dalamnya tentu sangat membahayakan konsumen. Apalagi dengan bahaya botol yang jika digunakan berulang kali akan mengakibatkan lapisan polimernya meleleh dan terserap tubuh manusia. Polimer ini bisa mengakibatkan kanker karena bersifat Karsinogenik.

Beras palsu/ Beras plastik/sintetis

Akhir-akhir ini di Bekasi, Jabar heboh ditemukan beredarnya beras plastik atau beras sintetis yang diduga berasal dari China. Kandungan senyawa plastik di dalam beras palsu itu ada tiga jenis yakni BBP (Benzyil butyl phtalate ), DEHP (bis (2-ethylexyl phatalate)), DINP (Diisionyl Phatalate). Kandungan itu sama seperti bahan dasar untuk pembuatan pipa, dan kabel.

*Penggunaan Zat Aditif Berdampak Terhadap Kesehatan

Selain makanan yang dipalsukan, produk makanan dan minuman mengandung zat adiktif diketahui sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Ironisnya, makanan dan minuman berkadar zat adiktif masih beredar luas di tengah masyarakat.

Sulfit

Sesak napas, gatal-gatal dan bengkak.

Zat Warna

Menimbulkan alergi dan kanker hati, menyebabkan hypertrophy, hyperplasia, dan carcinomas kelenjar tiroid.

MSG

Kerusakan otak, kelainan hati, trauma, hipertensi, stress, demam tinggi, mempercepat proses penuaan, alergi kulit, mual, muntah, migren, asma, ketidakmampuan belajar, dan depresi.

BHT dan BHA

Menyebabkan kelainan kromosom pada orang yang alergi terhadap aspirin.

Pemanis

Menyebabkan kanker kantong kemih (saccarin), gangguan saraf dan tumor otak (aspartan), mutagenik.

*Makanan Paling Banyak Dipalsu

Journal of Food Science menganalisis 1.054 data dari riset ilmiah dan 251 pemberitaan media mengenai produk makanan di dunia yang paling banyak dipalsukan.

Minyak zaitun

Selama ini minyak zaitun dianggap sebagai minyak yang paling menyehatkan. Namun, Anda perlu memastikan minyak zaitun yang Anda beli 100% murni agar manfaatnya optimal. Soalnya, jenis-jenis minyak lain sering ditambahkan ke dalamnya, misalnya minyak jagung, hazelnut, atau kelapa sawit.

Susu

Pemalsuan susu di China dan India mungkin akan membuat Anda tercengang. Bahan yang digunakan bermacam-macam, mulai dari yang aman dikonsumsi seperti air, gula tebu, dan tepung tapioka, hingga bahan kimia berbahaya seperti caustic soda (untuk saluran air tersumbat), deterjen (agar muncul busa di susu), pupuk urea, dan formalin.

Madu

Menurut artikel yang ditulis Huffington Post, sepertiga madu yang ada di Amerika Serikat berpotensi tercemar. Bisa jadi botol yang diberi label 'madu' sebenarnya berisi sirup jagung, glukosa, atau fruktosa yang kental dan berwarna keemasan. Bahkan, madu yang diimpor dari China berpotensi terkontaminasi antibiotik chloramphenicol dan logam berat.

Saffron

Tak heran jika saffron kerap dipalsukan. Pasalnya, inilah rempah termahal di dunia. Bahan-bahan yang sering digunakan untuk membuat saffron palsu adalah serbuk cendana, tepung, pewarna kuning, dan benang gelatin.

Jus Jeruk

Belum lama ini, Amerika dikejutkan dengan orange juice yang terkontaminasi fungisida. Namun, tak banyak yang tahu bahwa orange juice yang sering kita minum bisa mengandung sari grapefruit, ekstrak bunga marigold, gula jagung, dan ekstrak paprika.

Kopi

Kopi pun tak luput dari pemalsuan. Di dalamnya bisa terkandung chicory, jagung panggang, karamel, malt, glukosa, kacang-kacangan, dan maltodextrin.

Jus Apel

Ternyata, jus apel bisa mengandung arsenik! Zat berbahaya ini dapat terkandung secara alami atau ditambahkan oleh manusia. Sirup jagung tinggi fruktosa, pemanis dari kismis, dan malic acid sintetis mungkin terdapat di dalamnya.

*Jenis-Jenis Makanan Palsu Yang Diproduksi Di China

Produsen asal China selama ini disebut-sebut sebagai pihak yang banyak memproduksi makanan palsu

Bakpao Isi Daging Palsu

Pada 2007 sebuah laporan investigasi di China menemukan sejumlah pedagang yang membuat roti kukus berisi daging palsu. Isi Bakpao ini bukan daging melainkan Karton yang dicincang lalu dicampur penyedap rasa babi.

Susu Palsu

ada 2009 puluhan ribu bayi China keracunan produk susu palsu yakni mengandung melamin. Melamin ini ternyata bisa meningkatkan kadar protein susu. Tapi, sifat melamin tak bisa larut dalam air sehingga bisa menyebabkan gagal ginjal

Bihun dan Mie Palsu

Bihun palsu sebenarnya bihun asli namun dibuat dari tepung gandum kadaluwarsa dan berjamur. Siapa pun yang mengkonsumsinya bakal mengalami diare hebat dan berpotensi meninggal dunia.

Daging Babi Palsu

Daging babi ini sebenarnya asli namun sudah busuk dan coba 'dipermak' dengan cara mencampurkan bakteri phosphorescent. Bakteri ini ternyata bisa berpendar dengan cahaya. Pada 2011 seorang perempuan yang membeli babi palsu ini mendapati si daging mengeluarkan cahaya biru. Jika dikonsumsi bakal membuat organ-organnya terkontaminasi dengan bakteri yang ternyata memakan organ tubuh itu

Anggur Palsu

Belum ada penjelasan resmi bagaimana anggur palsu ini terbuat. Namun berdasarkan keterangan seorang master wine yang tinggal di Hong Kong, Jeannie Cho Lee, dirinya menemukan wine palsu itu saat dirinya mencobanya langsung saat berkunjung ke China beberapa waktu lalu

Daging Sapi Palsu

Daging ini sebenarnya daging babi yang diberi tambahan kimia seperti parafin dan garam yang tampilannya menyerupai daging sapi asli. Di China daging babi lebih murah dari sapi dan juga berkualitas ekspor

Kacang Walnut Palsu

Di Provinsi Henan, China pernah beredar kacang walnut yang isinya semen. Hal itu diketahui setelah seorang penjual mengeluarkan isi kacang dan disematkan bahan bangunan seperti semen, lalu kulit kacang direkatkan kembali dengan lem.

Daging Kambing Palsu

Daging kambing palsu ini asli diketahui merupakan daging tikus, rubah, dan musang. Daging-daging ini padahal sudah terinfeksi berbagai penyakit. Mereka mengubahnya sedemikian rupa agar terlihat seperti daging kambing asli.

*Zat-Zat Berbahaya Bagi Tubuh

  1. Polusi udara CO2
  2. Kuman, bakteri, dan virus
  3. Pestisida,hormon,suntikan dan zat beracun dalam makanan
  4. Logam berat
  5. Formalin
  6. Perasa buatan-Pewarna buatan
  7. Pengawet makanan
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1007 seconds (0.1#10.140)