Gawat, 50 Orang Meninggal Setiap Hari Akibat Narkoba

Sabtu, 16 Mei 2015 - 16:02 WIB
Gawat, 50 Orang Meninggal Setiap Hari Akibat Narkoba
Gawat, 50 Orang Meninggal Setiap Hari Akibat Narkoba
A A A
JAKARTA - Berdasarkan rapat yang digelar Mahkamah Agung (MA), Kejaksaan Agung (Kejagung), Badan Nasional Narkotika (BNN) dan Polri beberapa waktu lalu, dihasilkan kesimpulan bahwa tahun 2015 Indonesia dinyatakan darurat narkoba.

Hal ini diungkapkan Kepala Badan Nasional Narkotika (BNN) Komisaris Jenderal (Komjen) Pol Anang Iskandar. Menurutnya, saat ini sudah terjadi lebih dari 4 juta kasus penyalahgunaan narkoba di Indonesia.

"30-50 orang mati setiap hari. 50 persen lebih penjara itu terisi masalah narkoba," kata Anang di Diskusi Publik bertajuk Indonesia Darurat Narkoba di Warung Daun, Jalan Cikini Raya, Cikini, Jakarta, Sabtu (16/5/2015).

Dia mencontohkan, dalam suatu kesempatan BNN pernah menangkap pengedar narkoba yang jumlahnya fantastis. Penangkapan ini diakui Anang dilakukan di dalam penjara dan sebagai salah satu penangkapan terbesarnya.

"Pernah ketangkap 862 kg (narkoba), begitu ketangkap kalau dikonversi Rp1,7 triliun, sama kayak anggaran BNN dua tahun," ungkapnya.

Oleh karena itu, BNN mengajak seluruh elemen lembaga maupun masyarakat dalam memerangi darurat narkoba ini.

"Pencegahan, rehabilitasi dan ketiga diberantas peredarannya, orang yang berkecimpung, kurir, produksi dan bandar," tukas Anang.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4740 seconds (0.1#10.140)