Menikmati Eksotisme Danau Toba Melalui Foto

Kamis, 14 Mei 2015 - 14:41 WIB
Menikmati Eksotisme Danau Toba Melalui Foto
Menikmati Eksotisme Danau Toba Melalui Foto
A A A
JAKARTA - Keindahan Danau Toba beserta memang tidak bisa dipungkiri. Lokasi wisata yang terletak di Sumatera Utara itu disebut-sebut sebagai keajaiban alam yang menakjubkan.

Fotografer Hasiholan Siahaan menjadikan Danau Toba beserta budayanya menjadi objek karyanya yang dipamerkan di TobaDream, Jalan Dr Saharjo, Manggarai, Jakarta Selatan. Dia mengangkat Eksotisme Tano Toba sebagai tema pamerannya.

Menurut Hasiholan, salah satu tujuannya menggelar pameran agar generasi muda lebih menghargai nilai budaya dan kearifan lokal daerahnya di tengah gempuran budaya asing.

"Frame yang kita tampilkan semua budaya lokal di Danau Toba. Jangankan putra daerah yang tinggal di Jakarta, di sana saja masih banyak yang tidak tahu dan kurang peduli terhadap keindahan budayanya," kata Hasiholan di TobaDream, Manggarai, Jakarta Selatan, Kamis (14/5/2015).

Hasiholan menjelaskan, proses dokumentasi pengambilan gambar atau foto berkaitan dengan eksotisme budaya Toba berlangsung selama sembilan tahun.

Foto bercerita tentang perubahan, keindahan alam, lingkungan, budaya, prasejarah yang tersisa dari 850 ribu tahun lalu ketika gunung supervolcano Toba meletus.

Menurut dia, foto-foto yang dipamerkan yang sangat langka dan luar biasa. Foto-foto tersebut diambil langsung dmelalui sebuah perjalanan yang selama 2006-2015.

"Ada seratus lebih foto yang kita abadikan, tapi karena tempatnya terbatas maka kita hanya bawa 77 foto di sini. Nanti lengkapnya pas kita adakan launching bukunya," tutur jurnalis foto Koran SINDO ini.

Selain pameran Foto, kegiatan pameran juga akan diselingi kegiatan diskusi bertema Toba the Forgotten Beauty yang menghadirkan pembicara dari para pemerhati budaya dan sastrawan serta akademisi asal Sumatera Utara.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6633 seconds (0.1#10.140)