Jerman-Israel Pererat Kerja Sama

Rabu, 13 Mei 2015 - 10:27 WIB
Jerman-Israel Pererat Kerja Sama
Jerman-Israel Pererat Kerja Sama
A A A
TEL AVIV - Menteri Pertahanan Jerman Ursula von der Leyen berkunjung ke Israel dalam rangka 50 tahun hubungan diplomatik kedua negara. ”Israel adalah teman baik Jerman,” ujar Leyen saat bertemu dengan Menteri Pertahanan Israel Moshe Yaalon di Tel Aviv, Senin (11/4) waktu setempat, dikutip The Time of Israel.

Leyen mengklaim tidak ada negara lain yang memiliki kerja sama keamanan yang sangat kuat dengan Israel seperti yang dilakukan Jerman. Karena itu, kedua negara berkomitmen untuk terus menjalin kerja sama militer. Sementara bagi Israel, hubungan kerja sama militer yang terjalin selama ini sangat penting. Apalagi, peralatan militer Israel banyak disuplai dari Jerman.

Salah satunya kapal perang jenis korvet yang sangat berguna untuk pertahanan keamanan Israel. Sudah lima tahun militer Israel merasakan manfaat kapal korvet. Rencananya, Israel kembali mendatangkan tiga unit kapal serupa yang dijadwalkan akan tiba tiga tahun mendatang. Disinggung mengenai kesepakatan nuklir Iran, menurut Leyen, kesepakatan yang dibuat antara Iran dengan sejumlah negara besar, termasuk Jerman, belum lama ini, memiliki arti sangat penting karena terkait keamanan Israel.

Ursula Gertrud von der Leyen, wanitapertamadalamsejarah Jerman yang menduduki posisi menteri pertahanan sejak 2013. Sebelumnya, dia pernah menjadi menteri tenaga kerja dan sosial serta pernah menjabat sebagai menteri kependudukan, perempuan dan pemuda.

Meskipun kurang dukungan dari partainya, Christian Democratic Union, Leyen disebutsebut berpotensi menggantikan Kanselir Jerman Angela Merkel karena kelihaiannya dalam berpolitik, serta memiliki hubungan yang cukup dekat dengan Merkel.

Ananda nararya
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6058 seconds (0.1#10.140)