Tetap Menari hingga Usia Senja, Jauhi Rokok dan Alkohol

Selasa, 12 Mei 2015 - 09:16 WIB
Tetap Menari hingga Usia Senja, Jauhi Rokok dan Alkohol
Tetap Menari hingga Usia Senja, Jauhi Rokok dan Alkohol
A A A
Usia tua tidak menghalangi langkah Eileen Kramer untuk terus menari. Saat ini penari dan koreografer asal Australia itu sudah memasuki usia 100 tahun. Kendati sudah berusia senja, saat ini dia justru membintangi video klip penyanyi Sarah Belkner. ”Saya tidak masalah, saya berumur 100 tahun!,” ujarnya dilansir AFP.

”Saya bebas. Saya tidak harus selalu berumur 35 sepanjang waktu,” sambung Kramer sembari tertawa saat latihan koreografi di Sydney. Dengan lipstik cerah dibalut gaun oranye, Kramer terlihat sedikit lebih muda daripada usianya. Dia menceritakan perjalanan hidupnya yang penuh dengan berbagai kesulitan di masa silam. Termasuk bagaimana dia harus ke Australia melalui Kolombia setelah melarikan diri dari tentara Nazi.

Pada usia 24 tahun, dia bergabung dengan Sydney Bodenwieser Ballet, perusahaan tari modern pertama di Australia. Di sana dia merasa memiliki bakat menari, meski sebenarnya tidak pernah mengikuti pelatihan dasar menari. ”Gerakan tari yang saya pelajari tidak liar, tapi lepas. Ada teknik-teknik tertentu untuk melakukannya dan saya merasa cocok dengan gerakan tari yang saya lakukan,” tutur Kramer menjelaskan gerakan lemah gemulai yang dipelajarinya di Bodenwieser.

Dalam berbagai gerakan tari yang dia lakukan, Kramer lebih condong terhadap gerakan ekspresif yang membuatnya memiliki ciri khas hingga mampu berkiprah di dunia tari hingga puluhan tahun. Padahal, teman-temannya sesama penari kebanyakan mengalami masalah dengan tulang mereka.

”Kalau saya tidak pernah bermasalah dengan tulang saya karena tidak pernah melakukan gerakan-gerakan salah dan berbahaya, seperti membentur tanah ketika melakukan gerakan turun,” katanya. Agar bisa terus menari hingga usia lanjut, dia selalu berusaha untuk menjaga kesehatan tulangnya dengan terus berlatih balet setiap pagi setelah beranjak dari tempat tidur.

Menurutnya, latihan gerakan balet sangat baik untuk melatih kekuatan kaki. Namun karena usianya yang terus bertambah, Kramer mengaku saat ini keseimbangan badannya mulai berkurang. ”Saya sekarang hanya bisa melihat dengan satu mata sehingga keseimbangan badan saya juga berpengaruh,” ujarnya.

Penyanyi Sarah Belkner mengaku memiliki alasan tersendiri menggunakan jasa penari gaek tersebut dalam video klip terbarunya. ”Apa yang dilakukannya sangat inspiratif,” jelas Belkner. Kramer juga pernah hijrah ke New York dengan temannya, Baruch Shadmi, tapi Shadmi akhirnya berhenti menari karena mengalami stroke. Selama 18 tahun, Kramer merawat Shadmi hingga ajal menjemputnya.

Setelah itu, dia kembali ke tampil di panggung. Ketika usianya memasuki 99 tahun, Kramer memutuskan untuk pulang kembali ke Australia. Meski sudah berusia lanjut, bukan berarti Kramer ketinggalan zaman. Dia bahkan terus berhubungan dengan kehidupan modern, termasuk bersosialisasi melalui jejaring sosial Facebook.

Ketika ditanya mengenai rahasia umur panjang, dengan nada bergurau dia berucap, ”Saya tidak merokok dan tidak minum alkohol, dan saya tidak mengejar wanita,” tuturnya.

Ananda nararya
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7567 seconds (0.1#10.140)