Kubu Zulkifli Optimis Salip Hatta di Kongres PAN

Kamis, 26 Februari 2015 - 15:13 WIB
Kubu Zulkifli Optimis Salip Hatta di Kongres PAN
Kubu Zulkifli Optimis Salip Hatta di Kongres PAN
A A A
JAKARTA - Sensus yang dilakukan Centre for Strategic and International Studies (CSIS) menunjukkan, calon Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Hatta Rajasa lebih unggul dari rivalnya, Zulkifli Hasan.

Namun demikian, kubu Zulkifli tidak menyerah. Dua hari jelang pelaksanaan Kongres PAN, mereka masih bersemangat untuk menyusul ketertinggalan tersebut.

"Sensus jadi referensi dua hari ke depan untuk mengubah itu, untuk raih kemenangan secara elegan," kata politikus PAN Suparjdi Ahmad di Pakarti Center CSIS, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Rabu (26/2/2015).

Menurut politikus yang merupakan pendukung Zulkifli ini, optimisme masih muncul dari pihaknya karena suara DPP dan MPP belum dihitung.

Suparjdi mengingatkan, saat pemilihan ketua nanti, Ketua DPC (kabupaten atau kota) memilki satu suara, Ketua DPW punya dua suara, MPP dua suara dan DPP tiga suara. Selain itu, masih ada lima suara tambahan dari organisasi otonom.

Dia menilai, kondisi pada saat kongres nanti akan berbeda dengan sensus ini. Namun demikian, dia mengakui, faktor bahwa Hatta merupakan Ketua Umum incumbent juga berpengaruh.

"Suara DPP dan MPP akan menjadi modal, akan ada situasi yang dinamis dan tergantung pada proses pemilihan pada 1 Maret nanti," kata Supardji.

"Tidak bisa dihindari, kondisi psikologis politik yang mempengaruhi ketua-ketua daerah. Ada faktor Incumbent juga," tandasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, hasil sensus menunjukkan Hatta masih unggul di tingkat kabupaten atau kota dengan 42,77 persen suara. Sementara di provinsi, keduanya imbang memperoleh 38,24 persen suara.

Dalam sensus ini, CSIS menggandeng Cyrus Network untuk mewawancarai ketua PAN di 28 provinsi dan di 484 kabupaten atau kota. Sensus dilakukan melalui wawancara tatap muka pada 16-19 Februari 2015 dengan melibatkan 500 peneliti.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5785 seconds (0.1#10.140)