Evaluasi Pemilu, Bawaslu Siapkan Strategi Pengawasan Pilkada

Sabtu, 29 November 2014 - 10:17 WIB
Evaluasi Pemilu, Bawaslu Siapkan Strategi Pengawasan Pilkada
Evaluasi Pemilu, Bawaslu Siapkan Strategi Pengawasan Pilkada
A A A
JAKARTA - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menggelar evaluasi tahapan dan hasil pemilu legislatif dan pemilu eksekutif tahun 2014 di Pulau Tidung, Kepulauan Seribu, Jakarta Utara, Sabtu (29/11/2014).

Tahapan evaluasi tersebut juga dilakukan untuk menyiapkan rencana pengawasan pemilihan kepala daerah (pilkada) yang rencananya akan dilakukan secara serentak pada 2015.

Dalam evaluasi tersebut, Bawaslu menekankan strategi pengawasan khusus dengan metode partisipasi tetap baik yang dilakukan para pengawas pemilu maupun keterlibatan masyarakat.

"Di tengah dinamika soal pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota tetap mempersiapkan instrumen-unstrumen pengawasan," kata Ketua Bawaslu, Muhammad.

"Kami tetap akan menggunakan metode pengawasan yang dilakukan pada pileg dan pilpres 2014 lalu, yakni dengan pengawasan partisipatif," imbuhnya.

Selain menghadirkan internal Bawaslu, juga melibatkan organisasi pemantau pemilu serta kalangan media massa.

Salah satu yang dihadirkan Bawaslu adalah Gerakan Sejuta Relawan Pengawas Pemilu yang dibentuk Bawaslu menjelang perhelatan Pemilu Legislatif dan Pilpres 2014 lalu.

"Mereka direkrut untuk melibatkan simpul-simpul masyarakat dalam mengawasi pemilu. Mereka berada di luar struktur pengawas pemilu, dan sebagian besar merupakan mahasiswa dan pelajar," katanya.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9691 seconds (0.1#10.140)