Pecandu Narkoba Butuh Dukungan Keluarga untuk Sembuh

Selasa, 21 Oktober 2014 - 21:58 WIB
Pecandu Narkoba Butuh Dukungan Keluarga untuk Sembuh
Pecandu Narkoba Butuh Dukungan Keluarga untuk Sembuh
A A A
JAKARTA - Pecandu narkoba dapat dipulihkan melalui proses rehabilitasi yang panjang dan dukungan keluarga. Karena itu, butuh dukungan dari keluarga dan lingkungan untuk memulihkan pecandu narkoba.

“Sekalipun pecandu narkoba sudah direhabilitasi, tanpa dukungan dari keluarga maka program tersebut akan sia-sia," ujar Kasubdit Media Elektronik, Deputi Bidang Pencegahan BNN Kombes Pol Chotidjah saat Focus Group Discussion (FGD) dengan warga Jati Padang, Pasar Minggu, Jakarta, Selasa (21/10/2014).

Dia menuturkan, ada dua tahapan rehabilitasi yang harus diikuti pecandu. Pertama, rehabilitasi medis yakni mengeluarkan racun dalam tubuh dan rehabilitasi sosial yaitu untuk mempersiapkan kembali pecandu agar kembali hidup normal dalam masyarakat.

"Merehabilitasi pecandu narkoba bukan perkara mudah, karena membutuh kesabaran," tegasnya.

Oleh karena itu, dia mengingatkan masyarakat jangan sampai coba-coba menggunakan narkoba karena dampaknya sangat menyakitkan dan merugikan diri sendiri dan juga orang lain.

"Barang kali bapak dan ibu pernah mendengar kata sakaw. Nah kondisi sakaw dalam istilah medis adalah gejala putus zat. Kondisi ini sangat menyakitkan karena pecandu dapat membenturkan kepalanya ke dinding dan menyayat tubuhnya hingga terluka," paparnya.

Dia pun mengajak masyarakat untuk melindungi keluarga dari peredaran gelap narkoba. "Saya yakin kita semua yang hadir memiliki kepedulian terhadap permasahan narkoba," pungkasnya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6766 seconds (0.1#10.140)