alexa snippet

Kerajaan Terkuat dalam Sejarah Peradaban

Kerajaan Terkuat dalam Sejarah Peradaban
Sejarah perkembangan bangsa-bangsa di dunia banyak diwarnai penguasaan oleh kerajaan-kerajaan besar. Beberapa kerajaan tercatat paling mendekati kesuksesan mendominasi dunia. Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A+ A-
SEJARAH perkembangan bangsa-bangsa di dunia banyak diwarnai penaklukan dan penguasaan oleh kerajaan-kerajaan besar. Tak hanya memperluas imperium dan pengaruhnya, beberapa kerajaan tercatat paling mendekati kesuksesan mendominasi dunia. Berikut kerajaan-kerajaan besar itu.

1. Kekaisaran Mongolia (1206–1368)

Kerajaan Terkuat dalam Sejarah Peradaban

Kekaisaran Mongolia berkuasa dari abad 13 sampai abad 14. Wilayahnya membentang dari Asia hingga Eropa Timur. Kekaisaran ini adalah gabungan dari bangsa Mongol dan Turki setelah Genghis Khan diproklamirkan sebagai pemimpinnya pada 1206. Pada masa puncak kejayaanya, wilayahnya membentang dari Sungai Danube di Eropa sampai ke laut Jepang dan dari Benua Artika sampai ke Kamboja. Luas wilayahnya mencapai 24.000.000 km2. Pada 1294, kekaisaran Mongol pecah menjadi 4 bagian.

2. Kekaisaran Rusia (1721–1917)

Kerajaan Terkuat dalam Sejarah Peradaban

Kekaisaran ini berawal dari 1721 dan berakhir pada Revolusi Rusia 1917. Kekaisaran ini adalah kelanjutan dari Tsar Rusia dan menjadi Uni Soviet. Pada 1866, kekaisaran ini memperluas wilayahnya dari Eropa Timur ke Asia dan Afrika Utara. Pada awal abad 19, Rusia adalah negara terbesar di dunia. Wilayahnya mencakup Benua Artika di utara sampai Laut Hitam di selatan, Laut Baltik di barat sampai ke Samudra Pasifik di sebelah timur.

3. Kekalifahan Ummayah (661 M – 750 M)

Kerajaan Terkuat dalam Sejarah Peradaban

Sistem Kekalifahan adalah suatu bentuk pemerintahan Islam sebagai bentuk kesatuan politik dan kepemimpinan Muslim di seluruh dunia. Kalifah adalah pemimpin muslim setelah Nabi Muhammad SAW.

dibaca 64.354x
halaman ke-1 dari 4
loading gif
Top