Diduga Curi Ikan, Koarmabar TNI AL Tangkap Kapal Berbendera China

Minggu, 29 Mei 2016 - 15:29 WIB
Diduga Curi Ikan, Koarmabar TNI AL Tangkap Kapal Berbendera China
Diduga Curi Ikan, Koarmabar TNI AL Tangkap Kapal Berbendera China
A A A
JAKARTA - Komando Armada Kawasan Barat (Koarmabar) TNI Angkatan Laut (AL) berhasil menangkap kapal nelayan asing berbendera China yang diduga melakukan pencurian ikan di perairan Indonesia. Kapal Gui Bei Yu dengan nomor lambung 27.088 itu ditangkap TNI AL pada Jumat 27 Mei 2016.

Penangkapan bermula dari patroli yang dilakukan kapal perang Indonesia KRI Oswald Siahaan (Owa) 354 di perairan perbatasan Laut China Selatan sampai batas laut terluar. Dalam patroli tersebut, terdeteksi kapal China yang diduga melakukan pencurian ikan.

“Kemudian kita tangkap, pada saat ditangkap, kita bawa ke Natuna. Rusak mesinnya kemudian kita tarik pakai tali tundang,” ujar Pangarmabar Laksda TNI A Taufiq melalui keterangan tertulis yang diterima Sindonews, Minggu (29/5/2016).

Lebih lanjut, Taufiq menjelaskan, kapal berbendera China itu digelandang patroli Koarmabar saat memasuki wilayah Zona Ekonomi Ekslusif (ZEE) Indonesia. Tim VBSS KRI Oswald Siahaan lantas memeriksa seluruh kelengkapan dokumen kapal hingga muatan ikan hasil tangkapan.

"Ditemukan ikan yang masih segar, dan jenisnya identik dengan ikan yang ada di perairan tersebut. Setelah disidik, nantinya akan diserahkan ke kejaksaan untuk diproses berdasarkan hukum Indonesia,” kata Taufiq.

Taufiq melanjutkan, penangkapan ini semata-mata memberikan pengetahuan kepada dunia bahwa TNI AL akan menindak tegas kapal-kapal yang melanggar yurisdiksi Indonesia. Sebagaimana intruksi Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo kepada seluruh jajaran TNI agar meningkatkan pengawasan di seluruh perbatasan.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2951 seconds (0.1#10.140)