Anggarkan Rp2,1 Miliar, Bupati Wihaji Tambah Wahana Permainan Anak Taman Sutomo

Senin, 13 Juli 2020 - 16:23 WIB
loading...
Anggarkan Rp2,1 Miliar, Bupati Wihaji Tambah Wahana Permainan Anak Taman Sutomo
Bupati Batang Wihaji bersama Kepala DPRKP saat meninjau taman dr Sutomo yang akan dipercantik dengan wahana peraminan anak.Foto/Humas Pemkab Batang
A A A
BATANG - Sempadan Jalan Dr Sutomo Batang yang disulap menjadi Taman bermain anak, walaupun belum selsesai 100 persen sudah ramai pengunjung. Penyelesaian pekerjaan taman tersebut dilanjutkan tahun 2020, namun dibatalkan karena anggaranya di recofusing untuk penanganan Covid-19..

Bupati Batang Wihaji merencanakan kembali Tahun 2021 untuk mempercantik dengan wahana permainan anak. "Karena kemarin anggaranya di recofusing untuk penanganan Covid-19. Oleh karena itu, kita rencanakan kembali di Rencana Kegiatan Pembangunan Daerah (RKPD) 2021 untuk penataan penyelesaian Taman dr Sutomo," kata Bupati Wihaji saat kunjungan ke taman Sutomo, Senin (13/7/2020).

Bupati juga masih merahasiakan wahana bermain anak yang akan dibangun, yang jelas taman akan dipercantik dan lebih bagus lagi. "Permainan anak sudah ada, untuk lebih menarik lagi akan kita tambah yang lebih bagus tapi masih saya rahasiakan," ungkapnya.

Peningkatan pelayanan publik untuk anak menjadi tuntutan Pemkab, dengan memunculkan wahana baru gratis untuk mendukung tahun kunjungan wisata 2022. "Taman Sutomo kita anggarankan kembali, nilainya pun cukup besar melalui dana APBD Rp2,1 miliar," kata Wihaji.

Sementara Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Pemukiman Eko Widianto menjelaskan, Pembangunan Taman Sutomo ini berangkat dari kurangnya ruang terbuka hijau dan taman bermain anak yang disediakan oleh Pemerintah Daerah (Pemda).

"Pembangunan Taman Sutomo Batang walau belum selesai 100 perswn sudah bisa dinikmati oleh semua kalangan masyarakat, mulai dari anak - anak sampai dengan orang dewasa secara gratis," kata Eko Widiayanto.

Karena pandemi covid-19, tahun 2020 kelanjutan pekerjaannya dibatalkan, namun 2021 akan kita anggarakan lagi sebesar Rp 2,1 miliar untuk menyelesaikannya. Taman kota tersebut sekarang dilengkapi wahana permainan anak dengan tema laut dengan panjang 200 meter dan lebar 15 meter.

Selain dilengkapi spot swafoto seperti lumba-lumba, kapal, tombak abirawa dan dilengkapi dengan ornamen lampu hias dan pohon Tabebuya. "Pohon Tabebuya memiliki keindahan bunganya berwarna merah muda layaknya bunga sakura. Namun, bunga tabebuya hanya mekar pada waktu-waktu tertentu saja yang sekarang sudah mulai tumbuh," jelasnya.

Taman Sutomo tahun 2019 Proyeknya menghabiskan APBD sebasar Rp 1,6 Miliar. "Untuk menyelesaikan dan menambah wahana permainan anak direncanakan tahun 2021 diaggarakan kembali sebesar Rp2,1 miliar," pungkas Eko Widiyanto. (angga rosa)
(alf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1852 seconds (0.1#10.140)