Survei Capres Indikator Politik: Duet Ganjar-Erick Menang Mutlak

Rabu, 04 Januari 2023 - 17:18 WIB
loading...
Survei Capres Indikator Politik: Duet Ganjar-Erick Menang Mutlak
Duet Ganjar Pranowo dan Erick Thohir unggul dalam survei simulasi Capres dan Cawapres 2024 yang digelar Indikator Politik Indonesia. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Duet Ganjar Pranowo dan Erick Thohir unggul dalam survei simulasi Capres dan Cawapres 2024 yang digelar Indikator Politik Indonesia. Survei yang digelar 1-6 Desember 2022 menunjukkan duet Ganjar dan Erick unggul mutlak jika dibandingkan pasangan lain.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi mengatakan, tingginya elektabilitas duet Ganjar- Erick tak terlepas peningkatan elektabilitas keduanya dibandingkan pada November. "Saat elektabilitas Ganjar naik maka elektabilitas pasangan Ganjar-Erick juga naik," ujar Burhanuddin, Rabu (4/1/2022).

Dalam simulasi tiga pasang, elektabilitas Ganjar-Erick bahkan nyaris menyentuh 40%. Duet Ganjar-Erick mencapai 38,6%. Unggul dibandingkan pasangan Anies-AHY 35,4% dan Prabowo-Puan 19,8%.



Burhanuddin mengatakan hasil survei juga menunjukkan kuatnya preferensi pemilih Ganjar untuk memilih Erick Thohir sebagai cawapres. Sekitar 18,9% dari pemilih Ganjar memilih Erick sebagai cawapres. “Basis Ganjar cenderung memilih Ridwan Kamil dan Erick Thohir," ujar Burhanuddin.



Dari sisi elektabilitas, nama Erick Thohir dan Ganjar selalu masuk di daftar teratas. Ganjar selalu unggul di posisi pertama kandidat capres. Sedangkan Erick duduk di empat besar survei cawapres.

Survei Indikator menggunakan metode multistage random sampling. Total responden survei mencapai 1.220 responden dengan tingkat kepercayaan 95%. Sedangkan margin of error survei mencapai 2,9%. Survei dilakukan secara tatap muka di seluruh provinsi di Indonesia.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1996 seconds (0.1#10.140)