Airlangga Hartarto Sebut Indonesia Sudah Masuk Kategori Endemi

Rabu, 21 Desember 2022 - 14:14 WIB
loading...
Airlangga Hartarto Sebut Indonesia Sudah Masuk Kategori Endemi
Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian Airlangga Hartarto mengaku telah melapor ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait rencana penghentian PPKM. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian Airlangga Hartarto mengaku telah melapor ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait rencana penghentian Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Dia mengklaim kondisi Covid-19 di Indonesia kekinian relatif landai.

"Tentu sudah hampir satu tahun Indonesia landai artinya berdasarkan kriteria dari WHO di level 1 dan itu sudah 12 bulan artinya secara negara sebetulnya kita sudah masuk ke pandeminya sudah berubah menjadi endemi dan ini sudah level 1," ujar Airlangga dalam keterangan persnya, Rabu (21/12/2022). Baca juga: Covid-19 Melandai, Jokowi Buka Kemungkinan Stop PPKM Akhir 2022



Airlangga menuturkan kasus Covid-19 dalam beberapa waktu terakhir sudah berada di bawah 2.000 kasus. Kendati demikian, dia akan berkoordinasi terlebih dahulu dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk menyelesaikan sero survei.

"Tentu masih ada persiapan yang akan dilakukan oleh Kementerian Kesehatan antara lain sero survei. Tapi ya Insya Allah ini bisa dilakukan," jelasnya.

Sementara itu, lanjut Airlangga, Presiden Jokowi mengaku akan menunggu hasil kajian terkait penghentian PPKM tersebut. Ketum Partai Golkar ini menargetkan untuk selesai pekan ini.

"Saya kemarin memberikan target minggu ini harusnya kajian dan kalkulasi itu sudah sampai ke meja saya sehingga bisa saya siapkan nanti Keputusan Presiden mengenai penghentian PSBB-PPKM. Kita harapkan segera sudah saya dapatkan dalam minggu-minggu ini," pungkasnya.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2041 seconds (0.1#10.140)