Partai Garuda: Pidato Jokowi di KTT ASEAN-Uni Eropa Bikin Bangga Bangsa Indonesia

Sabtu, 17 Desember 2022 - 20:25 WIB
loading...
Partai Garuda: Pidato Jokowi di KTT ASEAN-Uni Eropa Bikin Bangga Bangsa Indonesia
Presiden Jokowi memberikan sambutan dalam KTT ASEAN-Uni Eropa di Brussel, Belgia, Rabu (14/12/2022). FOTO/Istimewa
A A A
JAKARTA - Pidato Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) dalam Konferensi Tingkat Tinggi ( KTT) ASEAN -Uni Eropa dipuji Wakil Ketua Umum Partai Garuda Teddy Gusnaidi. Menurut Teddy, Presiden Jokowi menunjukkan kelasnya dengan memberi peringatan keras kepada Uni Eropa untuk tidak mendikte negara-negara ASEAN dan merasa standar mereka lebih baik dari ASEAN.

"Hal ini Jokowi sampaikan di hadapan para pimpinan negara anggota Uni Eropa, bukan di belakang mereka," kata Teddy, Sabtu (17/12/2022).

Juru Bicara Partai Garuda ini menambahkan, Presiden Jokowi sejak awal juga berani menentang keras Uni Eropa dengan membuat kebijakan melarang ekspor nikel. "Tentu pernyataan terbaru dan sikap Presiden Jokowi selama ini terhadap Uni Eropa bisa menumbuhkan kepercayaan dari negara-negara anggota ASEAN untuk bersikap sama," ujarnya.



Menurutnya, Indonesia pada 2023 menjadi Ketua ASEAN. Teddy berharap KTT ASEAN membuat kesepakatan dalam penguatan ekonomi hingga militer, lebih mengutamakan kerja sama antarnegara-negara ASEAN, sehingga bisa menjadi kekuatan besar seperti Uni Eropa.

Teddy menilai sikap Presiden Jokowi seperti itu karena Uni Eropa memandang rendah negara-negara anggota ASEAN. Dia melanjutkan, Uni Eropa berani mendikte dan merasa memiliki standar yang lebih tinggi daripada negara-negara ASEAN.

"Maka segera membentuk kekuatan besar agar tidak lagi negara-negara anggota ASEAN dianggap negara-negara kelas 2 apalagi kelas 3," imbuhnya.

"Selain itu, sikap Presiden Jokowi membuat bangga bangsa Indonesia. Ini menunjukkan bahwa Presiden Jokowi bukanlah Presiden kaleng-kalengan," katanya.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1257 seconds (0.1#10.140)