BNPB Bidik 3 Wilayah untuk Relokasi Rumah Warga Terdampak Gempa Cianjur

Senin, 28 November 2022 - 18:53 WIB
loading...
BNPB Bidik 3 Wilayah untuk Relokasi Rumah Warga Terdampak Gempa Cianjur
Puing-puing rumah warga yang hancur akibat gempa di Cianjur masih berserakan. BPNP dan pemerintah berencana merelokasi rumah warga yang rusak. Foto: KORAN SINDO/Astra Bonardo
A A A
JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebutkan ada tiga wilayah yang menjadi calon lokasi untuk memindahkan rumah-rumah warga yang rusak akibat gempa Cianjur , Jawa Barat. Ketiga lokasi dinilai memiliki risiko lebih kecil terhadap gempa bumi.

“Sudah tersedia calon tiga wilayah relokasi yang saat ini kita tunggu assessment-nya dari BMKG dan Badan Geologi, yang pasti khusus untuk Cianjur kalau kita mencari daerah yang benar-benar tidak rawan gempa itu mungkin tidak ada,” ungkap Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari saat konferensi pers secara virtual, Senin (28/11/2022).

Baca juga: Update Korban Gempa Cianjur, 321 Meninggal Dunia dan 11 Hilang

Aam sapaan akrabnya mengatakan lokasi yang dipilih sedikit potensi gempa. “Jadi kita akan memilih lokasi yang paling sedikit potensi risikonya dari kawasan yang ada saat ini. Kemudian struktur bangunan lainnya yang kita buat dan kita pastikan itu tahan gempa, prinsip demikian,” kata dia.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Cianjur Herman Suherman melaporkan tiga wilayah yang akan menjadi tempat relokasi rumah-rumah warga yang rusak. Wilayah pertama yakni di Kecamatan Cilaku seluas 2,5 hektare. Kemudian di Kecamatan Mande seluas 4 hektare, dan di Kecamatan Pacet seluas 10 hektare.

“Untuk relokasi, kami kemarin sudah menyampaikan melalui Kepala BNPB yaitu lokasi di Desa Sirnagalih Kecamatan Cilaku seluas 2 hektare setengah. Dan sekarang kami tadi berembuk dengan tim alhamdulillah, sudah mendapatkan lagi dua lokasi. Jadi lokasi yang kedua yaitu di Kecamatan Mande berdampingan dengan Kecamatan Mande seluas 4 hektare. Kemudian yang ketiga di Kecamatan Pacet tepatnya di Cipendawa dengan luas 10 hektare,” paparnya.



Bahkan, kata Herman, tidak akan lama lagi akan dimulai percepatan proses relokasi dengan perataan-perataan tanah sehingga segera bisa dilakukan percepatan pembangunan.

“Alhamdulillah yang di Kecamatan Cilaku Sirnagalih tidak akan lama lagi tim akan eksyen untuk perataan-perataan tanah. Mudah-mudahan, dari Kementerian PU ini bisa dipercepat untuk pembangunan-pembangunannya,” katanya.
(muh)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1930 seconds (11.210#12.26)