TNI AL Kerahkan Marinir dan Alat Berat Bantu Masyarakat Korban Gempa Cianjur

Rabu, 23 November 2022 - 22:07 WIB
loading...
TNI AL Kerahkan Marinir dan Alat Berat Bantu Masyarakat Korban Gempa Cianjur
Prajurit Korps Marinir membantu warga terdampak gempa bumi di Cianjur, Jawa Barat. Foto/Dispenal
A A A
JAKARTA - TNI Angkatan Laut (AL) mengerahkan ratusan prajurit Korps Marinir untuk membantu masyarakat terdampak gempa bumi dengan maginitudo 5,6 di Cianjur, Jawa Barat. Di lokasi yang mengalami bencana cukup parah, mereka terus melaksanakan pencarian, evakuasi serta pendistribusian bahan bantuan bagi masyarakat.

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono memerintahkan jajarannya untuk mengerahkan seluruh kekuatan dan sumber daya yang dimiliki dalam membantu masyarakat. Sehingga bantuan itu dapat mengurangi penderitaan rakyat yang mengalami cobaan.

”Di daerah sektor 1 Kecamatan Warung Kondang, puluhan prajurit Marinir TNI AL mengevakuasi masyarakat yang terdiri dari balita serta lansia ke tempat pengungsian yang disiapkan,” ujar Kepala Dinas Penerangan Angkatan Laut (Kadispenal) Laksma TNI Julius Widjojono, Rabu (23/11/2022).



Gelombang pengerahan pasukan hingga kini di konsentrasikan ke lokasi terdampak bencana. Ada lima titik lokasi yaitu Warung Kondang, Cilaku, Gekbrong, Cianjur Kota, serta di wilayah Desa Gasol Cianjur.



”Tercatat TNI AL mengerahkan lebih dari 500 prajurit, dan akan terus bertambah. Tim kesehatan TNI AL yang diterjunkan telah menangani lebih dari 150 masyarakat yang mengalami gangguan kesehatan, maupun cidera akibat musibah ini,” katanya.

Selain melaksanakan pendistribusian bantuan bagi masyarakat, TNI AL juga membangun rumah sakit lapangan lengkap dengan alat operasi dan ruang ICU yang mampu menampung hingga 100 pasien. Sejumlah alat berat juga dikerahkan TNI AL seperti excavator maupun buldozer, dump truk serta trailer yang diharapkan dapat segera memberikan bantuan evakuasi para korban bencana yang masih terisolasi.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1548 seconds (0.1#10.140)